Cara Membeli Rumah yang Dilelang Oleh Bank

12

Kenaikan harga rumah setiap tahunnya membuat sebagian orang berpikir keras untuk bisa membeli rumah. Salah satu cara favorite masyarakat luas untuk membeli rumah adalah melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Hal tersebut dikarenakan membeli rumah secara tunai pastinya memerlukan dana yang cukup banyak.

Jika Anda ingin membeli rumah namun minim dana, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah membeli rumah yang dilelang oleh bank. Rumah yang dilelang bank biasanya memiliki harga yang lebih murah daripada harga pasaran. Rumah yang dilelang bank adalah rumah yang kreditnya macet, yaitu rumah milik nasabah KPR yang gagal melunasi cicilannya. Bagi Anda yang ingin membeli rumah yang dilelang oleh bank, kami berikan tips dan caranya sebagai berikut.

Namun, sebelum mengetahui cara atau tahapan membeli rumah yang dilelang oleh bank, kami akan berikan tips sebelum membeli rumah lelang terlebih dahulu. Karena apabila tidak dilakukan dengan cermat, membeli rumah lelang bisa saja membawa masalah untuk Anda.

  1. Pastikan Kelengkapan Dokumen

Pihak bank pastinya sudah memastikan kelengkapan dokumen-dokumen rumah. Namun ada baiknya Anda tetap memastikan bahwa dokumen seperti sertifikat tanah dan rumah, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), serta Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) ada.

  1. Mendatangi Langsung Lokasi Rumah

Dengan mendatangi lokasi rumah secara langsung, Anda bisa memastikan kondisi dari rumah tersebut. Apakah kondisinya masih bagus atau perlu direnovasi. Anda juga bisa memastikan ada sambungan listrik, air, dan telepon sehingga Anda perlu memasang yang baru atau tidak.

  1. Pelajari Dokumen Terkait

Nah, setelah Anda sudah memastikan kelengkapan dokumen dan kondisi lokasi rumah. Hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli rumah lelang adalah mempelajari dokumen terkait, seperti Perjanjian Kredit (PK) dan Akta Pemberian Hak Tanggung Jawab (APHT). Dokumen tersebut mengatur perjanjian bank dengan pemilik rumah.

Setelah Anda mengetahui beberapa tips tersebut di atas, selanjutnya kami akan berikan cara membeli rumah yang dilelang oleh bank sebagai berikut.

  1. Informasi mengenai rumah yang dilelang oleh bank biasanya bisa didapatkan dari website bank atau jika Anda menemukan tulisan rumah yang dilelang Anda bisa langsung mendatangi bank terkait. Anda bisa menanyakan lokasi dan waktu lelang.

  2. Selanjutnya Anda mendaftar ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) atau pihak swasta yang ditunjuk oleh bank.

  3. Anda wajib membayar jaminan atau uang muka sebesar 20% – 50% dari harga lelang. Jika Anda tidak menang lelang, maka uang akan dikembalikan.

  4. Namun apabila Anda menang lelang, Anda harus melunasi sisa biaya (biasanya dalam waktu 5 hari).

  5. Setelah Anda melunasinya, KPKNL akan memberikan risalah yang harus dibawa ke bank untuk nantinya ditukar dengan sertifikat dan dokumen rumah.

Membeli rumah lelang mengharuskan kita membayar tunai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan dana yang cukup.

Leave a Reply

Required fields are marked*