Ragu Beli Rumah Tanpa DP? Yuk, Telusuri Dulu Rahasianya

14

Seringkali kali kita melihat promo yang ditawarkan oleh developer melalui banner iklan atau spanduk yang mengatakan bahwa konsumen bisa membeli rumah tanpa DP. Bagi sebagian dari Anda mungkin tidak percaya dengan iming-iming seperti itu. Terlebih dalam aturan pembelian rumah melalui KPR, beli rumah tanpa DP bisa dibilang mustahil. Namun sebenarnya bukan tidak mungkin iming-iming tersebut ada benarnya. Developer punya trik khusus dalam membuat promosi sedemikian rupa untuk menarik minat konsumen. Untuk Anda yang penasaran, simak penjelasan mengenai beli rumah tanpa DP sebagai berikut.

Developer Bekerja Sama dengan Bank

Promo beli rumah tanpa DP yang ditawarkan oleh developer memang benar adanya. Developer sudah bekerja sama dengan bank yang memberikan fasilitas KPR, dengan cara menaruh sejumlah uang di bank sebagai ganti uang muka (DP) yang harus dibayar konsumen. Jadi, pada saat konsumen mencicil angsuran di bank, biaya cicilan sudah termasuk DP yang seharusnya dibayar di awal (namun sudah dicover oleh developer terlebih dulu). Singkatnya, konsumen tetap membayar DP namun dengan cara menggantinya lewat angsuran. Meskipun iming-iming ini nyatanya tidak menguntungkan konsumen, namun cara bisa membuat konsumen tidak perlu pusing memikirkan uang muka.

Bukan Tanpa Uang Muka Sama Sekali

Pada saat developer menawarkan promo beli rumah tanpa DP, sebenarnya itu bukan tanpa uang muka sama sekali. Konsumen tetap diharuskan membayar DP, namun bisa dengan cara dicicil. Sistem beli rumah seperti itu dinamakan kredit in house. Kredit in house adalah sebuah kemudahan yang ditawarkan oleh developer untuk bisa mencicil uang muka dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Biasanya bisa dicicil 10 kali, 20 kali, 36 kali, hingga 50 kali. Kredit in house tentunya memudahkan para konsumen yang tidak mempunyai cukup dana untuk membayar uang muka. Meskipun tetap diharuskan membayar uang muka, namun cara seperti ini dirasa lebih meringankan konsumen daripada harus membayar DP sebesar 20% dari harga rumah.

Sayangnya, tidak semua unit rumah yang dijual oleh developer uang mukanya bisa dicicil. Biasanya dalam 100 unit, hanya 5-10 unit rumah saja yang ditawarkan dengan sistem kredit in house. Maka dari itu, Anda harus pintar mengambil peluang dari promo yang ditawarkan.

Satu lagi keuntungannya, meskipun uang muka bisa dicicil namun Anda tidak perlu khawatir dengan suku bunga yang memberatkan. Pembayaran cicilan uang muka dalam kredit in house sama sekali tidak melibatkan pihak bank. Jadi konsumen langsung mencicil ke developer sehingga tidak akan dikenakan suku bunga.

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham dengan strategi rumah tanpa DP yang ditawarkan oleh developer? Jadi tidak perlu ragu dengan beli rumah tanpa DP.

Leave a Reply

Required fields are marked*