Pertama Kalinya Ingin Beli Rumah? Yuk, Simak Tips Berikut

20

Saat sudah dewasa atau berumah tangga, pastinya Anda ingin memiliki tempat tinggal sendiri bukan? Maka dari itu, yang harus Anda lakukan adalah mewujudkan harapan tersebut dengan cara membeli rumah impian Anda. Apabila Anda sudah memiliki gambaran tentang seperti apa rumah yang Anda inginkan, langkah selanjutnya adalah Anda tinggal mencari rumah yang sesuai dengan kriteria Anda tersebut. Namun bagi Anda yang baru pertama kali akan membeli rumah, pastinya merasa sedikit kebingungan dengan segala pertimbangan dan langkah apa saja yang harus dilakukan. Oleh karena itu, berikut kami berikan tips untuk Anda yang baru pertama kali ingin membeli rumah.

  1. Membuat Perencanaan

Membuat perencanaan adalah satu hal yang harus dilakukan sebelum melakukan sesuatu, termasuk membeli rumah. Sebelum membeli rumah, tentukan kapan Anda akan membelinya dan dimana sekiranya Anda akan membeli rumah tersebut. Lalu, pertimbangkan juga jenis rumah apa yang akan Anda beli, apakah rumah baru atau bekas, di perumahaan atau di lingkungan biasa.

  1. Mengetahui Anggaran

Setelah membuat perencanaan, Anda harus mengetahui berapa anggaran yang Anda punya untuk membeli rumah. Anggaran bisa menjadi tolak ukur Anda saat membeli rumah. Jika Anda mempunyai budget yang tidak terlalu banyak, jangan memaksakan diri untuk membeli rumah yang mewah. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Ketahui Kebutuhan Anda

Sebelum membeli rumah, tentukan bagaimana kebutuhan Anda seperti luas rumah, jumlah kamar, serta fasilitas lain yang Anda perlukan misalnya lahan parkir yang luas. Hal ini penting agar Anda tidak gegabah dan tidak sembarangan dalam membeli rumah.

  1. Mengetahui Harga Pasaran Rumah

Setelah Anda menentukan lokasi untuk membeli rumah, Anda harus mencari tahu harga pasaran rumah di lokasi tersebut. Anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar mengenai harga rata-rata rumah di lokasi tersebut. Hal ini untuk menghindari Anda tertipu oleh penjual rumah apabila mereka memberikan harga terlalu tinggi. Anda juga bisa membandingkan harga rumah di lokasi satu dengan lainnya.

  1. Menentukan Cara Pembayaran

Jika Anda membeli rumah dari seorang penjual, maka biasanya cara pembayarannya adalah secara tunai. Anda harus mempunyai anggaran yang cukup banyak jika ingin membeli rumah secara tunai. Namun jika anggaran Anda tidak terlalu banyak, Anda bisa membeli rumah kepada developer. Mereka biasanya menawarkan program pembelian rumah dengan cara dicicil melalui bank atau disebut KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

  1. Gunakan Jasa Agen Properti Terpercaya

Tips terakhir ini bisa Anda lakukan jika Anda tidak ingin pusing-pusing saat membeli rumah. Anda bisa menggunakan jasa agen properti terpercaya. Mereka akan membantu Anda mencarikan rumah yang sesuai dengan kriteria Anda.

Dan yang harus Anda ingat sebelum membeli rumah adalah siapkan juga dana lebih karena akan ada biaya-biaya tambahan nantinya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Required fields are marked*