Pelajari dan Pahami Hal Berikut Sebelum Beli Rumah Dengan Cara Oper Kredit

10

Ketika memutuskan untuk membeli rumah KPR, hal yang harus diperhatikan adalah pembeli membeli rumah yang nominal cicilan tiap bulannya sesuai dengan kondisi finansial. Pertimbangan secara matang mengenai tenor KPR yang diambil juga penting agar tidak membuat keuangan berantakan. Banyak kasus orang mengalami gagal bayar atau gagal melunasi KPR. Jika sudah seperti itu, maka kemungkinan rumah akan dilelang oleh pihak bank.

Apabila mengalami gagal bayar, salah satu solusi yang umumnya dilakukan adalah melakukan over kredit rumah. Ilustrasi dari over kredit rumah biasanya pemilik rumah menyerahkan pelunasan rumah KPR kepada orang lain atau pemilik rumah menjual rumah yang cicilannya belum lunas. Bagi Anda yang ingin membeli rumah dengan cara oper kredit, ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari dan pahami sebagai berikut.

  • Lakukan Over Kredit Langsung Melalui Bank

Over kredit rumah pada umumnya bisa dilakukan melalui tiga cara, yaitu melalui bank, melalui notaris, dan di bawah tangan. Namun dari ketiga cara tersebut yang dirasa paling aman adalah melalui bank. Proses over kredit harus dilakukan dengan sepengetahuan pihak bank. Karena apabila pemilik baru ingin mengambil sertifikat asli akan sulit jika tanpa sepengetahuan bank.

  • Periksa Kondisi Fisik Rumah serta Kelengkapan Dokumen

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah dengan cara oper kredit, Anda harus memastikan terlebih dahulu kondisi fisik dari rumah tersebut. Perhatikan juga lokasi rumah apakah rawan terjadi bencana alam atau tidak. Selain itu, Anda juga harus memeriksa kelengkapan dokumen KPR yang asli pada pihak bank yang bersangkutan. Teliti keabsahan kepemilikan rumah untuk menghindari permasalahan sengketa yang mungkin terjadi.

  • Buat Akta Pengikatan

Untuk menjamin keamanan transaksi, Anda perlu membuat Akta Pengikatan Jual-Beli atas pengalihan hak atas tanah dan bangunan dengan pihak penjual, serta surat kuasa untuk melunasi cicilan dan pengambilan sertifikat. Untuk nantinya penjual melakukan pemberitahuan kepada pihak bank mengenai oper kredit ini.

  • Prosedur Oper Kredit yang Aman

Setelah terjadi kesepakatan antara Anda dengan penjual, maka selanjutnya ajaklah penjual ke bank pemberi KPR. Bank menerima laporan transaksi tersebut untuk kemudian Anda akan diperiksa oleh pihak bank terkait kemampuan membayar cicilan serta riwayat kredit yang pernah Anda lakukan. Apabila pihak bank menyetujui transaksi, maka bank akan mendata Anda sebagai debitur yang baru. Begitu pula dengan sertifikat rumah akan menjadi atas nama Anda. Untuk selanjutnya, tanggung jawab membayar cicilan KPR beralih menjadi tanggung jawab Anda sebagai pemilik rumah yang baru. Penjual rumah sudah tidak berhak lagi membayar cicilan rumah.

Proses membeli rumah dengan cara oper kredit tidak sulit bukan? Namun Anda harus tetap jeli jika ingin membeli rumah dengan cara oper kredit. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*