Mengenal KPR Syariah Sebagai Solusi Cicilan Murah

yukbisnisproperti.org desin(3)

Saat ini KPR syariah sudah mulai dilirik banyak konsumen. Mereka menilai KPR syariah memiliki kelebihan dibandingkan KPR konvensional. Secara umum, KPR syariah berbeda dengan KPR konvensional dari segi prinsip akadnya, dimana KPR syariah menggunakan sistem syariah. Dalam KPR syariah, skema kredit pembelian rumah didasarkan pada syariah atau hukum Islam, dengan jangka waktu maksimal 15 tahun. Akad yang digunakan pada KPR syariah pada umumnya adalah murabahah.

Berbeda dengan KPR konvensional yang membiayai pelunasan rumah yang dibeli, pada KPR syariah pihak bank justru membeli rumah tersebut kemudian menjualnya kepada Anda. Pihak bank akan mengambil margin keuntungan berdasarkan kesepakatan. Dan karena margin kesepakatan harga sudah ditentukan di awal, maka besaran cicilan per bulan yang harus dibayarkan konsumen bisa tetap hingga jatuh tempo pinjaman. Itulah perbedaan KPR syariah dengan KPR konvensional, besar cicilannya tidak terpengaruh oleh suku bunga yang fluktuatif. Selain itu, KPR syariah juga memiliki beberapa alternatif pilihan akad sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa Produk KPR Syariah di Indonesia

Banyak bank syariah di Indonesia yang menawarkan berbagai produk pembiayaan rumah (KPR syariah), diantaranya sebagai berikut:

  • Pembiayaan KPR BTN syariah

  • Pembiayaan griya Bank Syariah Mandiri

  • KPR utama iB dari Bank Mega Syariah

  • BNI griya syariah

  • KPR bank Niaga Syariah

  • Griya Syariah IFI

  • Baiti Jannati KPR Bank Muamalat

Persyaratan KPR Syariah

Persyaratan KPR syariah pada umumnya hampir sama dengan KPR konvensional, yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama, Anda harus mengisi formulir pendaftaran di salah satu bank syariah yang menyediakan produk pembiayaan KPR syariah.

  2. Jangan lupa untuk membawa identitas diri seperti KTP, Kartu Keluarga, NPWP, dan surat nikah.

  3. Bawa kelengkapan persyaratan, antara lain surat keterangan kerja, slip gaji, SPT pajak, rekening bank, SIUP, dan TDP.

  4. Membawa persyaratan jaminan rumah, yaitu sertifikat rumah, PBB, dan IMB.

  5. Membayar uang muka minimal sebesar 20%-30% dari harga rumah.

  6. Angsuran yang dibayarkan tiap bulan maksimal 30%-40% dari besarnya penghasilan.

Manfaat KPR Syariah

KPR syariah akan memberikan Anda beberapa keuntungan, diantaranya Anda tidak harus menyediakan dana tunai yang banyak untuk membeli rumah dan cukup hanya untuk membayar uang muka. KPR syariah memberikan jangka waktu yang panjang untuk membayar angsuran. Prinsip akad yang dianut pada KPR syariah yaitu murabahah atau prinsip jual beli, membuat cicilan pada KPR syariah bersifat tetap sehingga meringankan dalam jangka waktu yang panjang. Dan yang terpenting, konsumen tidak akan dikenakan biaya pinalti jika melunasi cicilan sebelum jatuh tempo. Jadi, apabila Anda ingin mencari solusi cicilan KPR yang rumah, KPR syariah adalah jawabannya.

Leave a Reply

Required fields are marked*