Kiat-Kiat Membeli Rumah di Komplek Perumahan

21

Bagi Anda yang sedang ingin membeli rumah, belakangan ini banyak developer yang menawarkan konsep perumahan baik bersubsidi maupun non-subsidi. Jika Anda mempunyai uang lebih, tidak ada salahnya untuk membeli rumah di perumahan non-subsidi karena biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas yang menarik. Proses membeli rumah tentunya bukan proses yang mudah dan sederhana. Anda memerlukan banyak pertimbangan sebelum akhirnya menemukan rumah yang sesuai dengan kriteria Anda. Untuk Anda yang ingin membeli rumah di komplek perumahan, berikut kami berikan kiat-kiatnya.

  1. Lalukan survey terlebih dahulu. Anda bisa mencari tahu lewat internet atau bisa berjalan-jalan di perumahan sekitar tempat tinggal Anda untuk sekedar melihat-lihat rumah yang ingin Anda beli.

  2. Saat mencari rumah, terdapat beberapa kriteria atau parameter yang bisa Anda gunakan sebagai acuan. Misalnya dalam pemilihan posisi rumah, Anda bisa memilih di dalam cluster atau di luar cluster. Namun biasanya di dalam cluster lebih aman karena arus keluar masuk mobil barang dijaga oleh satpam. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan arah hadap rumah. Pastikan rumah yang akan Anda beli mendapatkan penyinaran matahari yang cukup.

  3. Anda juga bisa mendatangi marketing perumahan untuk menanyakan detail informasi terkait rumah yang ingin Anda beli. Jika perlu, minta mereka untuk mengantarkan Anda ke lokasi atau cluster rumah yang Anda inginkan (apabila status rumah yang Anda inginkan adalah siap huni. Namun jika statusnya indent, hanya bisa memilih lokasi dari gambar site map).

  4. Tanyakan dan cari tahu juga mengenai harga rumah beserta biaya-biaya tambahan lainnya. Biasanya harga rumah sudah termasuk PPN 10%, biaya AJB, dan biaya SHGB. Untuk biaya lain seperti notaris dan administrasi belum termasuk.

  5. Jika Anda membeli rumah melalui KPR, maka perhatikan tahapan pembayaran mulai dari DP hingga akad kredit. Jangan sampai Anda keliru bahkan mengalami kekurangan dana.

  6. Untuk rumah yang siap huni, biasanya memerlukan waktu 1 hingga 2 bulan untuk bisa ditempati. Waktu tersebut digunakan untuk melakukan pembersihan, pengecatan ulang, pendaftaran PLN, PDAM, line telepon, dan lain sebagainya.

  7. Anda juga mendapatkan garansi pemeliharaan rumah dengan jangka waktu 3-6 bulan. Waktu garansi bisa Anda gunakan untuk meminta perbaikan gratis dari kerusakan yang dialami. Dalam jangka waktu garansi tersebut, sebaiknya jangan melakukan renovasi terlebih dahulu karena bisa menghilangkan garansi kerusakan.

Sebelum melakukan kiat-kiat membeli rumah di komplek perumahan tersebut di atas, Anda harus memastikan juga bahwa perumahan yang ingin Anda tempati memiliki fasilitas yang lengkap serta akses transportasi yang mudah. Dan yang paling penting adalah pilihlah developer yang memiliki reputasi yang bagus.

Leave a Reply

Required fields are marked*