Ketahui Kesalahan-Kesalahan yang Sering Dilakukaan Saat Membeli Rumah Pertama Kali

Market.yukbisnisproperti.org (16)

Saat pertama kali membeli rumah, banyak orang seringkali tidak menyadari jika mereka telah membuat kesalahan. Hingga akhirnya mereka mengalami kesulitan atau bahkan salah pilih rumah dan akhirnya menjualnya kembali. Hal tersebut mungkin saja juga terjadi pada Anda apabila Anda kurang pengetahuan soal jual beli rumah. Terlebih jika Anda sudah sangat bernafsu untuk memiliki rumah, Anda seringkali melupakan hal-hal penting sebagai pertimbangan dalam membeli rumah. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa membuat Anda menyesal, Anda perlu mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat membeli rumah pertama kali sebagai berikut.

  • Kurang Membekali Diri dengan Pengetahuan

Yang ini merupakan kesalahan fatal. Sama seperti anggarannya yang besar, membeli rumah juga berpotensi memiliki resiko yang besar. Sebelum membeli rumah, pastikan Anda sudah membekali diri Anda dengan pengetahuan minimal tentang jual beli rumah. Hal tersebut penting agar Anda tidak salah pilih rumah, mengetahui alur dalam jual beli rumah, serta untuk menghindari terjadinya penipuan oleh penjual/developer nakal. Anda juga bisa bertanya kepada teman atu saudara Anda yang sudah berpengalaman dalam membeli rumah.

  • Tidak Memperhatikan Kondisi Keuangan

Jangan sampai karena tergiur untuk membeli rumah mewah, Anda tidak memperhatikan kondisi keuangan Anda. Mungkin anggaran yang Anda miliki cukup untuk membeli rumah tersebut, namun apakah Anda tidak memikirkan kebutuhan Anda yang lainnya? Oleh karena itu, pertimbangkan secara matang rumah yang ingin dibeli dengan kondisi keuangan yang Anda miliki. Tidak perlu memaksakan diri untuk membeli rumah di luar kemampuan Anda.

  • Tidak Memperhitungkan Cicilan

Jika Anda membeli rumah secara kredit melalui KPR, Anda perlu memperhitungkan cicilan yang akan Anda bayar tiap bulannya dengan penghasilan Anda. Jangan sampai jumlah cicilan yang Anda bayar melebihi pendapatan Anda. Selain itu, pastikan jika Anda membeli unit rumah yang nominal cicilannya tiap bulan bisa Anda sanggupi.

  • Membeli Rumah dengan Tenor KPR Tersingkat

Satu lagi kesalahan yang sering dilakukan saat membeli rumah melalui KPR. Mungkin karena ingin cicilannya cepat selesai, orang seringkali mengambil KPR dengan tenor tersingkat. Hal ini justru bisa membuat Anda kebingungan dalam mengatur keuangan terlebih jika penghasilan Anda pas-pasan. Anda juga harus mempertimbangkan pengeluaran Anda yang lainnya karena tiap bulan Anda tidak hanya akan membayar cicilan rumah.

  • Melupakan Biaya-Biaya Tambahan

Saat membeli rumah, akan ada biaya-biaya tak terduga yang jumlahnya tidak sedikit. Biaya-biaya tersebut antara lain adalah biaya pajak, biaya notaris, biaya asuransi, dan lain-lain. Untuk itu, persiapkan juga anggaran untuk biaya-biaya tersebut jauh-jauh hari agar tidak mengganggu kondisi keuangan Anda.

Yang paling penting, untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut di atas adalah Anda tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Pertimbangkan secara matang karena membeli rumah tidak seperti membeli sebuah lemari.

Leave a Reply

Required fields are marked*