Kenapa Rumah Perlu Diasuransikan?

Market.yukbisnisproperti.org (16)

Rumah adalah salah satu investasi terbesar bagi seseorang. Tidak hanya bangunannya, namun juga mencakup tanah dan perabotan di dalamnya. Bagi sebagian orang, asuransi untuk rumah masih belum diprioritaskan. Padahal, tidak ada yang bisa menjamin rumah tidak akan mengalami kebakaran, pencurian, atau kebanjiran. Untuk itu, perlu ada upaya pencegahan, salah satunya dengan asuransi rumah.

Asuransi rumah sendiri berarti mengalihkan risiko dan kerugian finansial kepada pihak penyedia asuransi. Dengan diasuransikan, berarti resiko dan kerugian yang dialami oleh rumah Anda bisa ditanggung oleh asuransi. Asuransi bekerja layaknya proteksi utama dengan cara mengganti kerusakan dan kerugian yang Anda alami. Ganti rugi tersebut bisa mencakup perbaikan menyeluruh atau sebagian. Bahkan bisa jadi berupa pembangunan kembali apabila kerusakan yang Anda alami fatal.

Adapun, asuransi rumah dasar sesuai dengan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia. Cakupannya adalah segala bentuk risiko umum, seperti sambaran petir, kebakaran, ledakan, kepulan asap, dan kejatuhan pesawat terbang. Namun tidak semua kerusakan rumah dapat diproteksi oleh penyedia asuransi. Ada beberapa pengecualian kerusakan rumah yang tidak dijamin, seperti kerusakan akibat perang dan perusakan yang sengaja dilakukan oleh pemilik properti. Anda juga perlu memerhatikan bahwa pihak penyedia asuransi biasanya melihat bentuk bangunan sebelum memberikan asuransi. Mereka biasanya menolak bangunan rumah kayu atau rumah tradisional.

Nah, untuk menentukan jenis asuransi apa yang cocok untuk rumah Anda. Anda bisa melakukan riset menyeluruh pada rumah Anda. Hal ini terkait dengan asuransi jenis apa yang akan dibutuhkan. Jika misalnya rumah Anda di daerah pegunungan, maka tidak mungkin Anda meminta proteksi dari ancaman banjir bukan? Maka dari itu, Anda harus tahu perlindungan apa yang sekiranya paling dibutuhkan oleh rumah Anda. Berikutnya, ketahui valuasi atau nilai rumah Anda. Perkirakan jumlah yang diperlukan untuk membangun ulang rumah Anda pascabencana terjadi. Hal itu tidak hanya mencakup bangunan, melainkan juga perabotan-perabotan yang ada di dalamnya.

Terakhir, jika Anda ingin memilih perusahaan penyedia asuransi, Anda perlu mencari perusahaan yang kredibel dan bermutu tinggi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*