Ingin Membeli Rumah Tanpa Riba? Inilah Caranya

Sejatinya, membeli rumah melalui KPR sama halnya dengan mencicil hutang ke bank. Hanya dengan menyiapkan dana awal sebesar 10-20% sebagai uang muka, Anda sudah bisa langsung menempati rumah tersebut. Sisa pelunasan sebesar 80%nya akan dibayar oleh bank. Kemudian konsumen tinggal mencicil angsuran tiap bulannya ke bank beserta suku bunga yang telah ditentukan.

Tidak dapat dipungkiri, membeli rumah melalui KPR memang tidak bisa lepas dari yang namanya riba. Hal tersebut dikarenakan adanya uang muka dan suku bunga yang harus dibayar. Lalu, bagaimana jika Anda ingin membeli rumah tanpa riba? Berikut kami berikan cara membeli rumah tanpa riba.

  1. Membeli Rumah Secara Tunai

Membeli rumah secara tunai sudah pasti akan terhindar dari riba, karena kita tidak perlu membayar angsuran yang disertai dengan suku bunga. Akan tetapi tidak semua orang mampu membeli rumah secara tunai. Diperlukan perjuangan untuk mengumpulkan uang yang tidak sedikit demi membeli rumah impian. Jika Anda tidak sabar ingin memiliki rumah, salah satu solusinya adalah belilah rumah yang kecil dulu. Baru kemudian Anda menabung lagi untuk membeli rumah yang besar.

  1. Menginvestasikan DP ke Tanah

Daripada Anda menyiapkan dana untuk uang muka membeli rumah, lebih baik uang tersebut digunakan untuk membeli tanah. Belilah tanah di lokasi yang sekiranya murah. Kemudian gunakan tanah tersebut sebagai investasi atau hitung-hitung sebagai tabungan Anda. Harga tanah akan selalu naik tiap tahunnya. Dan beberapa tahun kemudian Anda bisa menjual tanah tersebut lalu uangnya bisa Anda gunakan untuk membeli rumah.

  1. Beli Kavling Sendiri Lalu Bangun Rumah

Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara nomor 2 di atas. Namun bedanya tanah yang sudah Anda beli tidak dijual melainkan nantinya Anda gunakan sendiri untuk membangun rumah impian. Cara ini bisa digunakan untuk mensiasati harga tanah dan rumah yang semakin naik. Istilahnya Anda mencicil dalam membangun rumah. Karena jika Anda hanya menabung saja, harga tanah yang semakin naik akan membuat anggaran yang diperlukan semakin besar.

  1. Beli Rumah Dengan Cara Cash Bertahap

Jika Anda tidak mampu membeli rumah secara tunai, Anda bisa membeli rumah dengan cara cash bertahap. Cash bertahap hampir sama dengan kredit, namun bedanya dalam cash bertahap tidak dikenakan bunga karena tidak melibatkan pihak bank dalam pembayarannya. Jadi pembeli langsung mencicil ke developer dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Itulah beberapa cara membeli rumah tanpa riba. Sebenarnya masih banyak cara membeli rumah tanpa riba, namun cara yang disebutkan di atas cukup mudah dipahami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *