Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah

Saat ingin membeli rumah, pastinya tidak semudah membeli kacang goreng kan? Anda perlu melakukan perencanaan dan banyak pertimbangan untuk mendapatkan rumah idaman. Tidak jarang orang yang baru pertama kali akan membeli rumah merasa kesulitan sekaligus kebingungan dalam mencari rumah yang mereka inginkan. Untuk itu, kami akan membantu Anda dengan memberikan beberapa tips tentang hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli rumah. Ada 7 hal yang harus Anda perhatikan antara lain:

  1. Melakukan perbandingan

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah rumah, ada baiknya Anda melakukan perbandingan terlebih dahulu antara rumah satu dengan rumah lainnya. Anda bisa melakukan survey dengan mengunjungi rumah-rumah tersebut secara langsung untuk melihat kondisinya. Bandingkan harga, lokasi, desain, bentuk, arsitektur, serta lingkungannya.

  1. Mengumpulkan Informasi

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin dan selengkap mungkin mengenai rumah incaran Anda, misalnya tentang status tanah dan bangunannya serta kepemilikannya. Jangan sampai Anda membeli rumah yang disengketakan. Selain itu, hindari membeli rumah di perumahan yang dibeli spekulan karena biasanya sepi penghuni dan bisa berpengaruh terhadap nilai jual rumah nantinya.

  1. Mengamati Kondisi Rumah

Saat Anda melakukan survey terhadap rumah incaran Anda, jangan lupa untuk mengamati setiap sudut kondisi rumah, mulai dari tata letak hingga interiornya. Anda bisa juga menjelajahi setiap ruangan dan tanyakan detilnya kepada pemilik atau developer.

  1. Mempelajari Harga Pasar

Harga rumah di setiap wilayah tidak sama. Untuk itu, Anda perlu mempelajari harga pasar rumah di setiap wilayah. Bandingkan wilayah mana yang mempunyai harga rumah murah dan mana yang mahal. Anda bisa menanyakan informasi tersebut kepada masyarakat sekitar atau meminta data ke bank. Dengan memahami harga pasar, Anda juga bisa terhindar dari developer atau penjual nakal yang mungkin saja mengelabuhi Anda dengan harga rumah yang tidak sesuai dengan harga pasar.

  1. Meminta Pendapat Pihak Ketiga

Saat ingin membeli rumah, jangan sampai lupa untuk meminta pendapat kepada orang-orang terdekat Anda seperti pasangan, orang tua, kerabat, teman, ataupun kenalan. Terutama jika orang-orang tersebut sudah berpengalaman dalam membeli rumah, mereka pasti akan bisa memberikan saran terbaik untuk Anda.

  1. Menghubungi Notaris

Untuk membantu proses transaksi saat membeli rumah, Anda pasti memerlukan jasa notaris. Untuk itu, persiapkan dari awal dan cari notaris kepercayaan Anda untuk mengurus segala yang berkaitan dengan transaksi jual beli rumah.

  1. Mengatur Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran juga harus Anda pikirkan secara matang di awal. Anda harus memilih apakah akan membeli rumah secara tunai atau kredit. Hal ini penting agar Anda bisa menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki sehingga tidak mengganggu kondisi keuangan Anda nantinya.

Yang terpenting sebelum membeli rumah adalah perencanaan disertai dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *