Perhatikan Hal-Hal yang Bisa Menghambat Anda dalam Mengumpulkan DP Rumah

yukbisnisproperti.org desin(3)

Uang muka rumah merupakan modal awal seseorang untuk bisa memiliki hunian idaman. Itu berarti, semakin lama Anda menunda mengumpulkan DP maka semakin jauh pula rumah idaman dapat tercapai. Lalu apa saja hal yang bisa menghambat seseorang untuk mengumpulkan uang muka? Berikut hal-hal yang bisa menghambat Anda dalam mengumpulkan DP rumah yang harus Anda perhatikan.

  1. Nominal DP Cukup Besar

Alasan pertama adalah karena nominal DP yang harus dibayarkan cukup besar, sekitar 10%-20% dari harga rumah. Umumnya, uang muka tersebut pun harus dibayar secara penuh di awal pengajuan KPR. Apabila harga rumah yang akan dibeli 350 juta, kira-kira DP yang harus dikumpulkan ialah 35 juta. Besar kan?

  1. Belum Mulai Menabung

Disiplin menabung merupakan kunci agar Anda dapat mempersiapkan DP rumah idaman dengan baik. Supaya bisa menyisihkan uang, buatlah perencanaan pengeluaran diri atau rumah tangga untuk dijadikan acuan. Selain bisa punya tabungan, kebutuhan Anda sehari-hari pun bisa terpenuhi dengan cara ini. Agar tabungan untuk uang muka dan membeli rumah dapat lebih bertambah, pertimbangkanlah untuk mengambil pekerjaan sampingan. Gunakanlah penghasilan tersebut khusus untuk menggapai cita-cita punya rumah sendiri.

  1. Tidak Dapat Mengerem Diri

Satu hal yang kerap mengganjal bertambahnya tabungan ialah kebiasaan menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Misalnya, untuk memuaskan hasrat membeli pakaian, makan di restoran, atau sekedar nongkrong bersama teman-teman. Jika Anda tidak dapat mengerem diri dalam mengeluarkan uang untuk berbelanja, sangat disarankan untuk tidak membuat kartu kredit. Usahakanlah untuk bertransaksi dengan cara tunai agar pengeluaran dapat tetap terkendali.

  1. Malas Mencari Celah

Selain promo cicilan dari developer, saat ini cukup banyak bantuan pendanaan yang bisa digunakan untuk membayar uang muka. Hanya saja kadang kala orang tidak menyadari hal tersebut dan terlalu malas untuk mencari tahu celah-celah bantuan perumahan tersebut.

Setelah membaca ulasan di atas, semoga Anda bisa menghindari hal-hal yang dapat menghambat proses mengumpulkan DP rumah. Selamat mengumpulkan uang muka untuk membeli rumah!

Leave a Reply

Required fields are marked*