Hukum Menyewakan Rumah yang Disewa oleh Orang Lain

21

Mungkin ada yang pernah bertanya, bolehkah menyewakan rumah yang disewa oleh orang lain? Misalnya seperti ini. Anda sedang menyewa sebuah rumah, namun karena Anda dipindah tugaskan ke kota lain, Anda terpaksa harus pindah. Sedangkan masa sewa Anda belum berakhir. Menurut perjanjian, Anda tidak berhak untuk meminta kembali sisa uang sewa kepada pemilik rumah. Lalu Anda mempunyai ide untuk menyewakan lagi rumah tersebut kepada orang lain. Dengan tujuan agar Anda bisa mendapatkan uang sewa kembali. Jika kasusnya seperti itu, apakah boleh?

Aturan sewa menyewa sudah tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 44 Tahun 1994 tentang Penghunian Rumah Oleh Bukan Pemilik. Lebih spesifiknya, aturan mengenai penyewaan kembali rumah yang sedang disewa tercantum dalam Pasal 9 Ayat 1 yang isinya:

Penyewa dengan cara apapun dilarang menyewakan kembali dan atau memindahkan hak penghunian atas rumah yang disewanya kepada pihak ketiga tanpa izin tertulis dari pemilik.”

Berdasarkan pasal tersebut, dapat dilihat bahwa seseorang yang menyewa rumah tidak diperbolehkan untuk menyewakan kembali rumah tersebut tanpa izin dari sang pemilik. Dan dalam hal ini, tidak ada pengecualian sama sekali. Pada intinya, Anda bisa saja menyewakan rumah atau kamar yang sedang disewa kepada orang lain apabila sudah mendapatkan persetujuan dari sang pemilik. Berbeda halnya jika sang pemilik melarang Anda untuk menyewakan kembali, maka jangan pernah mencoba untuk menyewakannya.

Perlu diingat, jika Anda menyewakan kepada orang lain dan sewaktu-waktu sang pemilik rumah mengetahuinya, maka bisa saja perjanjian sewa antara Anda dengan sang pemilik pun akan berakhir sebelum masa sewa yang telah ditentukan. Kalau sudah diputuskan masa sewanya sepihak oleh sang pemilik rumah, maka Anda wajib untuk langsung mengembalikan rumah atau kamar tersebut dengan baik sebelum masa sewanya berakhir. Bukan hanya itu, Anda juga tidak bisa meminta kembali uang sewa yang telah dibayarkan.

Oleh karena itu, jangan sekali-kali mencoba menyewakan rumah sewa Anda kepada orang lain tanpa sepengetahuan pemilik rumah ya! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*