Hal Penting Mengenai Hak Guna Usaha yang Perlu Anda Ketahui

yukbisnisproperti.org desin(3)

Salah satu jenis hak atas tanah adalah Hak Guna Usaha (HGU). HGU tidak bisa diberikan oleh sembarang orang, dan hanya akan diberikan sesuai dengan keputusan pemberian hak oleh Menteri atau pejabat yang ditunjuk. Dalam prosesnya, HGU yang sudah diberikan wajib didaftarkan dalam buku tanah pada Kantor Pertanahan. Sebagai tanda bukti hak kepada pemegang HGU akan diberikan sertifikat hak atas tanah, HGU sudah ada sejak didaftar oleh Kantor Pertanahan dalam buku tanah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Anda juga bisa mengajukan permohonan untuk mengajukan perpanjangan HGU. HGU dapat diperpanjang atas permohonan langsung dari sang pemegang hak. Berikut syarat yang harus dipenuhi untuk bisa memperpanjang HGU:

  1. Tanahnya masih diusahakan dengan baik sesuai dengan keadaan, sifat dan tujuan pemberian hak tersebut;

  2. Syarat-syarat pemberian hak tersebut dipenuhi dengan baik oleh pemegang hak; dan

  3. Pemegang hak masih memenuhi syarat sebagai pemegang hak.

Tidak hanya dapat diperpanjang, HGU juga dapat diperbarui. Sama halnya dengan perpanjangan, pembaruan HGU juga harus berdasarkan permohonan dari pemegang hak. Ini dia syarat yang harus dipenuhi:

  1. Tanahnya masih diusahakan dengan baik sesuai dengan keadaan, sifat dan tujuan pemberian hak tersebut;

  2. Syarat-syarat pemberian hak tersebut dipenuhi dengan baik oleh pemegang hak;

  3. Pemegang hak masih memenuhi syarat sebagai pemegang hak.

  4. Jangka Waktu Perpanjangan dan Pembaruan

  5. Permohonan perpanjangan atau pembaruan HGU wajib diajukan paling lambat dua tahun sebelum masa berlaku dari HGU habis. Nantinya, perpanjangan dan pembaruan HGU akan dicatat dalam buku tanah pada Kantor Pertanahan.

  6. Permohonan perpanjangan atau pembaruan HGU untuk kepentingan penanaman modal dapat dilakukan bersamaan dengan membayar uang pemasukan yang ditentukan. Perpanjangan atau pembaruan HGU hanya akan dikenakan biaya administrasi yang besarnya ditetapkan oleh Menteri setelah mendapat persetujuan dari Menteri Keuangan.

Itulah sedikit gambaran mengenai HGU (Hak Guna Usaha). Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*