Cara Agar Bisa Keluar dari Blacklist Bank

21

Pada saat mengajukan pinjaman ke bank, salah satu prosesnya biasanya adalah bank akan melakukan BI checking terhadap riwayat kredit Anda untuk mengetahui apakah Anda di blacklist atau tidak. Jika Anda tidak pernah bermasalah dalam kredit sebelumnya mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun jika Anda ternyata di blacklist oleh bank, ini akan menjadi kesulitan Anda. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena hanya butuh beberapa waktu untuk menyelesaikan permasalahan ini. Berikut cara agar Anda bisa keluar dari blacklist bank.

Sebelumnya Anda harus memahami bahwa bank membagi debitur menjadi 5 peringkat kolektabilitas, yaitu:

  1. Collect 1 : lancar

  2. Collect 2 : dalam perhatian khusus

  3. Collect 3 : kurang lancar

  4. Collect 4 : diragukan

  5. Collect 5 : macet

Kategori lancar apabila nasabah selalu membayar cicilan tepat waktu. Sedangkan macet apabila nasabah tidak melunasi hutangnya lebih dari 270 hari. Nah, termasuk collect yang manakah Anda?

Apabila Anda ingin mengajukan kredit baru, maka jika Anda mengalami kredit macet Anda harus bisa memulihkan peringkat Anda ke pertama alias lancar. Bank biasanya akan memberikan tenggat waktu selama 6 bulan.

Namun jika Anda masuk peringkat tiga, maka bank akan memberikan peringatan. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah melunasi semua tunggakan serta penaltinya jika ada. Anda juga bisa mengajukan renegosiasi agar jangka waktu pembayaran dan perhitungan utang dengan pihak bank menjadi lebih ringan.

Sedangkan yang paling berat adalah bila sudah masuk peringkat lima. Untuk itu, Anda harus terus membayar cicilan Anda dan melunasi utang-utang cicilan tersebut. Jika dalam tiga bulan pembayaran cicilan lancar, maka Anda bisa kembali ke peringkat tiga. Apabila tiga bulan berikutnya masih lancar atau apabila Anda langsung bisa melunasi utang, maka Anda bisa naik ke peringkat pertama.

Jadi, seperti itulah cara agar Anda bisa keluar dari blacklist bank. Yang penting Anda harus disiplin dalam membayar cicilan hutang Anda agar diperbolehkan mengajukan kredit lagi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*