Beli Rumah Subsidi Murah? Eittss… Jangan Tergiur Dulu

Saat melihat atau mendengar ada barang dengan harga murah, Anda mungkin tergiur untuk segera memilikinya. Anda pun kemudian langsung pergi ke toko untuk membelinya dengan membawa harapan yang besar. Namun sebenarnya Anda pun belum tahu kan hal apa yang tersembunyi di balik iming-iming tersebut? Kejadian ini nampaknya berlaku untuk banyak hal, termasuk saat akan membeli hunian murah. Di tengah sekian banyak rumah dengan harga 500 juta ke atas, pemerintah menawarkan rumah subsidi yang harganya tidak lebih dari 200 juta.

Eittss.. Jangan mudah tergiur dan buru-buru membeli. Semurah-murahnya harga rumah, nominal uang yang perlu dikeluarkan tetap saja besar. Daripada menyesal di kemudian hari, Anda sebaiknya mengetahui hal-hal berikut ini terlebih dulu.

  1. Kualitas Bangunan

Rumah murah subsidi ini memiliki luas bangunan 36 m² dengan luas tanah beriksar antara 60-72 m². Ukuran ini telah menjadi ketetapan pemerintah untuk seluruh rumah bersubsidi di penjuru Indonesia. Umumnya, Anda akan menemukan hunian ini dilengkapi dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Sebagai pembeli, Anda sebaiknya memastikan bahwa rumah yang akan dibeli tersebut memiliki kondisi yang baik dan dibangun dengan material berkualitas bagus. Periksa seluruhnya dengan detail mulai dari keadaan lantai, dinding, hingga langit-langit.

  1. Fasilitas Rumah Subsidi

Bukan hanya kondisi fisik rumah yang perlu Anda periksa, tapi juga fasilitas seperti aliran air serta listrik. Pada saat rumah telah berdiri, biasanya fasilitas tersebut belum terpasang dengan baik. Agar lebih yakin tanyakanlah hal ini kepada pihak developer.

  1. Lokasi dan Akses Transportasi

Jangan terlalu berharap dengan lokasi berdirinya rumah murah ini. Ketersediaan lahan yang semakin menipis dan mahalnya harga tanah menjadi faktor mengapa hunian bersubsidi ini terletak di pinggiran daerah dan jauh dari pusat kota. Maka dari itu, pertimbangkanlah untuk memilih lokasi terbaik yang tidak terlalu jauh dengan letak kantor Anda dan letak sekolah anak-anak. Pastikan juga kemudahan akses transportasinya. Karena meskipun letaknya jauh, semuanya dapat teratasi dengan kehadiran akses jalan serta sarana transportasi yang baik.

Itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah subsidi murah. Intinya jangan tergiur dulu, pahami dan pertimbangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *