Beberapa Kota dengan Harga Rumah yang Murah

Rumah murah tampaknya masih menjadi incaran banyak orang, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Rumah murah selalu menjadi banyak pilihan orang karena harga rumah cenderung selalu meningkat. Selain untuk dihuni sendiri, rumah murah diincar untuk dijadikan media investasi. Jika Anda ingin membeli rumah murah, berikut terdapat beberapa kota yang memiliki harga rumah yang murah.

  1. Yogyakarta

Wilayah yang satu ini nampaknya selalu memiliki daya tarik bagi siapapun untuk tinggal, sehingga kebutuhan rumah terus meningkat. Tentunya masyarakat pun sangat mendambakan rumah dengan harga murah dan nyatanya pemerintah memberikan respons melalui Perumnas.

Harga rumah subsidi ini pun berbeda-beda setiap tahunnya. Pada tahun 2015 harganya Rp110,5 juta, kemudian pada tahun 2016 harganya naik menjadi Rp116,5 juta. Lalu bagaimana dengan tahun 2017? Ternyata tahun ini pun kembali naik dan harganya mencapai Rp123 juta.

  1. Aceh

Pada tahun ini, akan ada 200 unit rumah yang dibangun di lahan seluas 4 hektare yang berlokasi di Kecamatan Badar. Sebelumnya, rumah murah sudah dibangun di Kabupaten Gayo Lues. Bukan hanya di situ, akan dibangun juga di Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, dan Aceh Tenggara.

Khusus dataran tinggi Gayo sendiri akan segera dibangun rumah murah karena permintaan rumah di daerah ini terus meningkat. Pembangunan di Gayo Lues ini menjadi pembangunan rumah bersubsidi pertama yang dibangun oleh pengembang lokal.

  1. Jambi

Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Jambi telah menyatakan bahwa akan membangun 5.000 unit rumah. Jumlah ini dilakukan oleh REI untuk mendukung program sejuta rumah milik pemerintah.

Jika dibandingkan dengan tahun 2016, REI Provinsi Jambi telah membangun 4.800 unit rumah. Pembangunannya sendiri akan dikhususkan bagi MBR yang memang belum memiliki rumah dan nantinya akan didominasi melalui Program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

  1. Bogor

Di kota ini nampaknya masih cukup banyak ditemukan rumah bersubsidi yang sudah dan sedang dibangun. Bahkan Perumnas berencana membangun rumah dekat stasiun kereta api untuk memudahkan mobilisasi penghuninya.

Bukan hanya itu, salah satu pengembang juga ada yang membangun rumah murah di Ciseeng, Kabupaten Bogor. Subsidinya pun bukanlah subsidi dari pemerintah, melainkan subsidi langsung yang diberikan oleh pengembang.

Itulah beberapa kota dengan harga rumah yang murah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *