Tips Cara Mendapatkan Modal Tanpa Agunan

11

Modal masih seringkali menjadi kendala bagi sebagian orang untuk berbisnis. Maka tidak jarang orang berhutang kepada bank agar bisa mendapatkan pinjaman. Namun syarat untuk mendapatkan pinjaman dari bank adalah Anda harus memiliki agunan atau jaminan, yang biasanya adalah rumah yang kita miliki. Apabila Anda ingin mendapatkan modal tanpa agunan pun sebenarnya juga bisa. Berikut ada beberapa tips cara mendapatkan modal tanpa agunan yang mungkin bisa membantu Anda.

  1. Berhutang kepada Keluarga

Keluarga adalah orang pertama yang bisa Anda mintai tolong untuk meminjamkan modal. Karena hubungan Anda dengan keluarga pastinya sudah dekat dan sangat intens dalam berkomunikasi, berhutang kepada mereka menjadi pilihan yang tepat. Keuntungannya adalah Anda bisa mendapatkan pinjaman modal yang tanpa agunan serta bunga dan cicilannya ringan. Atau bahkan mungkin tanpa bunga. Namun meskipun begitu, Anda harus menunjukkan sikap bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

  1. Berhutang kepada Teman

Sebagai alternatif kedua adalah berhutang kepada teman dekat Anda. Anda pastinya memiliki banyak teman yang sekiranya bisa meminjamkan modal pada Anda bukan? Nah, jelaskan pada mereka secara jujur mengenai bisnis yang akan Anda jalankan, bagaimana mekanismenya, revenuenya, serta timeline bisnisnya untuk sampai mendapatkan profit. Jangan lupa untuk membuat perjanjian tertulis demi kenyamanan bersama.

  1. Menjual Konsep dan Gagasan

Cara ini adalah cara yang sering digunakan oleh calon pebisnis. Anda bisa menjual konsep dan gagasan bisnis Anda kepada investor. Buatlah proposal yang terperinci serta lakukan presentasi untuk menjelaskan garis besar bisnis Anda. Yakinkanlah investor untuk menanamkan modalnya pada bisnis Anda.

  1. Meminta Uang pada Konsumen

Anda pun juga bisa mendapatkan modal dari konsumen. Caranya, Anda meminta uang muka di awal untuk operasional. Uang muka tersebut bisa Anda gunakan untuk modal hingga pekerjaan selesai dan mendapatkan bayaran seluruhnya.

  1. Melakukan Kerja Sama

Kerja sama menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan modal. Ajaklah rekan, kawan, teman, ataupun kenalan Anda untuk join bisnis. Metode yang digunakan adalah bag hasil keuntungan dan harus win win solution.

Sekian. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*