Sumber-Sumber Listing yang Bisa Menjadi Referensi Broker Properti

12

Bagi seorang broker, memiliki banyak properti untuk dijual atau biasa disebut dengan listing hukumnya adalah wajib. Broker properti harus mempunyai setidaknya 20 properti sebagai listing untuk dijual. Maka dari itu, broker mempunyai tugas untuk terus mencari dan mengupdate listingnya. Karena semakin banyak listing, maka akan semakin memperbesar peluang untuk mendapatkan closing. Agar jika satu properti gagal closing, maka masih banyak puluhan properti lain yang bisa menjadi peluang Anda untuk closing. Nah, lalu bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan banyak listing? Jawabannya adalah terus mencari. Untuk itu, berikut kami berikan sumber-sumber listing yang bisa menjadi referensi Anda.

  1. Keluarga dan Teman

Prinsip dasar terjadinya sebuah closing adalah trust atau kepercayaan. Itulah kenapa keluarga dan teman bisa menjadi sumber listing Anda. Karena tanpa meyakinkan mereka pun, keluarga dan teman Anda pastilah percaya pada Anda. Anda juga bisa meminta referensi kepada teman-teman dekat Anda. Sehingga ketika ada keluarga/kenalan mereka yang membutuhkan jasa broker, mereka bisa merekomendasikan Anda.

  1. Masyarakat Sekitar

Tidak perlu jauh-jauh, Anda bisa menggunakan tetangga dekat rumah Anda sebagai sumber listing. Banyak-banyaklah bersosialiasi dengan masyarakat sehingga mereka mengenal Anda sebagai seorang broker properti. Sehingga apabila mereka membutuhkan jasa broker, mereka bisa menghubungi Anda.

  1. Notaris PPAT

Notaris juga bisa dijadikan sebagai sumber listing. Berkenalan dengan notaris akan membuat Anda mendapatkan banyak informasi tentang properti yang dijual. Keuntungan lainnya adalah Anda akan mendapatkan info harga properti yang valid dari mereka karena tugas notaris membuat akta jual beli properti.

  1. Developer Properti

Anda bisa bekerja sama dengan developer properti untuk memasarkan produknya. Meskipun developer memiliki tim marketing sendiri, namun biasanya mereka juga masih menerima kerja sama dengan broker.

  1. Bank

Bank juga bisa dijadikan sebagai sumber listing, terutama untuk rumah-rumah yang akan dilelang akibat kredit macet. Biasanya bank juga membutuhkan bantuan broker properti untuk membantu menyelesaikan permasalahan kredit macet.

Itulah beberapa sumber yang bisa Anda jadikan sebagai listing. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*