Sanksi Apabila Bentuk Bangunan Tidak Sama dengan IMB

Anda tentu tahu bukan jika Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) sangat dibutuhkan pada sebuah bangunan. Nah, bagaimana jika keterangan yang ada di IMB berbeda dengan bentuk nyata bangunannya?

Saat mendirikan sebuah bangunan, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal yang paling penting adalah dengan memerhatikan izin dan kelengkapan berkasnya. Berikut beberapa kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemilik bangunan:

  1. Menyediakan rencana teknis bangunan gedung yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan sesuai dengan fungsinya;

  2. Memiliki izin mendirikan bangunan (IMB);

  3. Melaksanakan pembangunan bangunan gedung sesuai dengan rencana teknis yang telah disahkan dan dilakukan dalam batas waktu berlakunya izin mendirikan bangunan;

  4. Meminta pengesahan dari Pemerintah Daerah atas perubahan rencana teknis bangunan gedung yang terjadi pada tahap pelaksanaan bangunan.

Berdasarkan aturan tersebut, dapat dilihat bahwa jika ada perubahan bangunan, maka harus kembali meminta pengesahan dari Pemerntah Daerah.

Lalu, bagaimana jika bangunan tidak sesuai dengan apa yang tercantum dalam IMB? Ternyata pemilik atau penggunanya akan terkena sanksi. Hal ini sudah jelas tercantum dalam Pasal 44 UU Bangunan Gedung. Berikut isinya:

Setiap pemilik dan/atau pengguna yang tidak memenuhi kewajiban pemenuhan fungsi, dan/atau persyaratan, dan/atau penyelenggaraan bangunan gedung sebagaimana dimaksud dalam undang-undang ini dikenai sanksi administratif dan/atau sanksi pidana.”

Nah, sanksinya sendiri beragam. Khusus untuk sanksi administratif, dapat berupa peringatan tertulis, pencabutan izin mendirikan bangunan gedung, pencabutan sertifikat laik fungsi bangunan gedung, hingga pembongkaran bangunan gedung. Perlu Anda ketahui bahwa saksi tersebut ternyata sejalan dengan sanksi yang tercantum dalam Pasal 114 jo. Pasal 7 Ayat (3) PP 36 Tahun 2005. Di dalamnya tercantum bahwa sanksi awal yang diberikan berupa peringatan tertulis. Selanjutnya, jika tidak dipatuhi maka akan diberikan sanksi berupa pembatasan kegiatan pembangunan.

Coba dicek, apakah data yang tercantum dalam IMB sama dengan bentuk bangunan yang Anda miliki? Apabila berbeda, sebaiknya segera minta pengesahan ulang IMB. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *