Rumah Gono-Gini Disewakan. Bolehkah?

18

Saat sepasang suami istri memutuskan untuk bercerai, tentu ada harta bersama yang harus dibagi. Harta ini biasa disebut dengan harta gono-gini. Seperti yang kita ketahui, jika hubungan pernikahan akhirnya putus karena adanya perceraian, maka harta bersama perlu dibagi berdasarkan hukum yang berlaku. Pembagian harta ini tentunya harus dibagi sama rata antara suami dengan istri. Pembagian ini pun wajib meliputi keuntungan dan kerugian dari semua hal yang dilakukan oleh pasangan suami dan istri ketika masih sama-sama terikat dalam sebuah perkawinan. Harta gono-gini ini banyak bentuknya, dalam hal ini kita bahas rumah yang seringkali menjadi perdebatan. Nah, bagaimana jika rumah yang masih merupakan harta gono-gini disewakan? Apakah boleh?

Rumah masih akan menjadi harta gono-gini meski sudah bercerai jika memang harta tersebut belum dibagi. Jadi, jika dilihat bahwa statusnya merupakan rumah gono-gini, maka perlu ada persetujuan dari mantan pasangan yang menyewakan rumah. Dalam hal ini, masing-masing mantan pasangan masih memiliki kuasa akan rumah tersebut.

Ketika rumah harta gono-gini disewakan dan sang mantan pasangan tidak setuju, maka perjanjian sewa akan batal secara hukum. Pihak mantan pasangan ini memiliki hak untuk menghentikan proses sewa-menyewa, bahkan bisa menggugat bagian miliknya atas rumah yang disewakan tersebut.

Apabila rumah sudah terlanjur disewakan, maka pihak penyewa pun juga bisa mengajukan tuntutan. Tuntutan dari pihak penyewa ini bisa berupa apapun, salah satunya dengan mengurangi uang sewa. Jumlahnya sendiri tentunya bisa saja disesuaikan berdasarkan apa yang dirasakan oleh kerugian sang penyewa.

Jika akhirnya sang mantan pasangan yang tidak setuju ini malah menggugat pihak penyewa sampai ke pengadilan, maka penyewa ini dapat menuntut dan meminta bantuan kepada pihak yang menyewakan. Anda sebagai yang menyewakan pun tentunya wajib melindungi sang penyewa dari masalah perdata tersebut.

Nah, makanya jangan asal menyewakan harta gono-gini ya jika tidak ingin berbuntut masalah yang panjang. Akan lebih baik jika harta gono-gini tersebut dibagi terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*