Prinsip-Prinsip dalam Investasi Properti yang Perlu Anda Ketahui

21

Jika Anda ingin berivestasi properti, maka Anda harus mengerti prinsipnya terlebih dahulu. Investasi memang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, baik berupa cash flow maupun capital gain. Agar Anda bisa mencapai keuntungan tersebut, perlu menerapkan prinsip-prinsip investasi properti sebagai berikut.

  1. Mencari Informasi yang Tepat

Sebagai calon investor properti, Anda harus selalu rajin dalam mencari informasi yang tepat. Hal ini penting agar Anda tahu bagaimana untuk menyusun langkah dalam memilih properti yang ingin dijadikan sebagai media investasi. Informasi yang perlu Anda dapatkan antara lain, suku bunga terbaru, informasi pengembangan rumah terbaru, informasi kredit indent, kebijakan loan to value, lokasi-lokasi yang sedang hot untuk investasi, serta rencana pengembangan kota.

  1. Memilih Waktu yang Tepat

Seorang investor harus tahu untuk memilih waktu yang tepat untuk berinvestasi properti. Jadi tidak hanya tergiur saat ada properti yang bagus, namun harus melihat timingnya. Nah, waktu yang tepat dalam properti sendiri dibagi menjadi 3 yaitu waktu yang tepat untuk membeli properti, waktu yang tepat untuk menahan properti, dan waktu yang tepat untuk menjual properti.

  1. Memilih Lokasi yang Tepat

Lokasi masih selalu menjadi faktor utama dalam investasi properti, karena berkaitan dengan nilai properti. Lokasi yang tepat dalam memilih properti diindikasikan oleh beberapa faktor yaitu lokasi yang demographic inflow lebih besar daripada demographic outflow nya. Ini artinya orang atau keluarga yang menginginkan tinggal di wilayah tersebut lebih tinggi jumlahnya daripada orang atau keluarga yang ingin pindah meninggalkan lokasi tersebut. Untuk properti segmen menengah-bawah, lokasi yang sesuai adalah yang dekat dengan fasilitas transportasi umum. Serta lokasi yang dekat dengan pusat bisnis.

  1. Memilih Developer yang Tepat

Developer juga berpengaruh terhadap investasi properti Anda. Lokasi yang bagus akan memiliki kemungkinan tidak optimal apabila dikembangkan oleh developer yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, Anda harus memilih developer yang tepat, yaitu yang punya past performance yang baik.

  1. Memilih Pembiayaan yang Tepat

Ada banyak sekali cara pembiayaan properti, bisa kredit maupun cash. Jenis pembiayaan apapun sebenarnya akan tetap menguntungkan karena properti harganya selalu naik. Lebih baik menerapkan pembiayaan yang memudahkan konsumen sehingga properti Anda lebih dilirik. Baiklah, itulah beberapa prinsip dalam investasi properti yang perlu Anda ketahui sebelum berinvestasi properti. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*