Pindah Sebelum Masa Sewa Habis. Bisakah Sisa Uang Sewanya Kembali?

16

Dalam sewa menyewa rumah, pasti antara pemiliki rumah dengan pihak penyewa melakukan perjanjian tentang masa sewa dan harga sewanya. Perjanjian tersebut tentunya disepakati oleh kedua belah pihak, agar tidak ada pihak yang dirugikan. Namun ternyata baru beberapa bulan Anda menempati rumah tersebut, Anda memutuskan untuk pindah karena harus ditugaskan di luar kota misalnya. Lalu Anda ingin meminta kembali uang dari sisa masa sewa kepada pemilik rumah. Apakah bisa?

Pada saat kegiatan sewa menyewa dilakukan, seharusnya dari awal diperhatikan apakah perjanjiannya dibuat tertulis atau tidak. Namun baik tertulis atau tidak, keduanya tetap diatur dalam Undang-Undang. Sebagai sebuah perjanjian, kesepakatan awal antara penyewa dengan pemilik rumah tidak dapat diakhiri begitu saja tanpa ada kesepakatan dari kedua belah pihak. Perjanjian baru akan berakhir sesuai dengan apa yang tertulis sejak awal.

Meskipun demikian, ternyata ada aturan yang menyebutkan bahwa sewa-menyewa dapat diakhiri sebelum jangka waktu yang ditentukan. Pembahasan mengenai hal tersebut tercantum dalam Pasal 11 Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 1994 tentang Penghunian Rumah Oleh Bukan Pemilik. Apabila hubungan sewa-menyewa putus sebelum waktunya, maka kedua hal ini harus diperhatikan:

  1. Apabila penyewa dirugikan, maka pemilik berkewajiban mengembalikan uang sewa;

  2. Apabila pemilik dirugikan, maka penyewa berkewajiban mengembalikan rumah dengan baik seperti keadaan semula dan tidak dapat meminta kembali uang sewa yang telah dibayarkan.

Berdasarkan penjelasan yang ada di pasal tersebut, dapat kita ketahui bahwa uang sewa bisa didapatkan kembali jika hubungan sewa terputus. Penyebabnya pun harus diakibatkan oleh pelanggaran yang dilakukan oleh pemilik, sehingga merugikan pihak penyewa dan begitu juga sebaliknya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa uang sewa tidak dapat diminta begitu saja ya oleh penyewa rumah. Karena jika Anda pindah sebelum masa sewa habis karena keinginan Anda sendiri (atau bukan karena dirugikan oleh pemilik rumah), maka Anda tidak berhak meminta uang sewa kembali.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*