Syarat-Syarat untuk Mengurus Pendaftaran Jual Beli Properti

16

Saat ingin menjual atau membeli rumah, Anda pastinya harus mengurus segala proses hingga terjadi transaksi. Salah satunya adalah melakukan pendaftaran jual beli. Pendaftaran jual beli harus dilakukan saat Anda ingin menjual atau membeli properti. Jika Anda menggunakan jasa agen properti, mungkin Anda tidak akan kebingungan. Karena pasti mereka yang akan mengurusnya. Namun jika Anda ingin mengurus sendiri pendaftarannya, juga bisa.

Pendaftaran jual beli dilakukan setelah Anda membuat Akta atau Sertifikat Tanah pada notaris. Pendaftaran dilakukan di Badan Pertanahan Nasional (BPN) agar sertifikat bisa sah menjadi milik Anda secara hukum. Anda bisa langsung datang ke kantor BPN dengan membawa persyaratan yang diperlukan. Nah, berikut syarat-syarat yang harus Anda penuhi sebelum melakukan pendaftaran jual beli.

  1. Surat Permohonan yang ditandatangai oleh pemohon atau kuasanya

  2. Sertifikat Asli baik HM (Hak Milik) maupun HGB (Hak Guna Bangunan)

  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) penjual dan pembeli yang sudah dilegalisir oleh pejabat berwenang

  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) penjual dan pembeli yang sudah dilegalisir oleh pejabat berwenang

  5. Fotokopi SPPT PBB tahun terakhir. Bila tahun-tahun sebelumnya belum dibayaran, maka harus dibayar terlebih dahulu.

  6. Melampirkan bukti SSB BPHTB/SPPD yang telah divalidasi

  7. Melampirkan bukti SSP PPH yang telah divalidasi

  8. Akta Jual Beli dari Notaris atau PPAT

  9. Surat pengantar AJB dari Notaris atau PPAT.

Jika Anda sudah melengkapi seluruh persyaratan tersebut di atas, segera lakukan pendaftaran ke kantor BPN. Mengurus pendaftaran jual beli sendiri juga bisa bermanfaat untuk Anda. Dengan mengetahui segala prosedur dalam jual beli properti, siapa tahu suatu ketika Anda bisa menjadi developer. Anda bisa mengurus pendaftaran jual beli properti yang lebih besar. Hal besar harus dimulai dari yang kecil bukan? Untuk itu, tidak ada salahnya jika mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan jual beli properti sendiri. Pengalaman adalah guru terbaik. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Leave a Reply

Required fields are marked*