Rumah Anda Kecil? Yuk Disiasati Agar Tidak Sempit

10

Jika Anda memiliki rumah yang tidak terlalu besar alias kecil, kondisi ini kerapkali membuat Anda bingung saat menata perabotan rumah karena keterbatasan ruangan. Terlebih dengan banyaknya perabotan yang Anda miliki, semakin membuat rumah Anda terasa sempit. Namun sebenarnya rumah yang kecil tidak selalu sempit, asal ditata dengan interior yang tepat agar nyaman dan terkesan luas. Nah, untuk membuat rumah Anda terkesan luas, Anda perlu mensiasatinya. Berpikirlah secara kreatif dan praktis dengan mensiasati ruangan yang ada.

Misalnya apabila Anda mempunyai dua anak. Anda bisa menyatukan kamar mereka atau menggunakan ranjang susun untuk menghemat penggunaan ruangan. Kemudian apabila mereka mempunyai banyak buku atau mainan, letakkan pada laci-laci kecil yang bisa ditaruh di bawah tempat tidur. Tidak hanya untuk buku dan mainan anak, Anda juga bisa menggunakan tempat penyimpanan untuk menyimpan barang-barang lain seperti sepatu.

Sedangkan untuk perabotan, penggunaan ukuran perabot yang tidak terlalu besar juga akan memberikan kesan luas pada rumah kecil Anda. Atau Anda bisa memanfaatkan furniture built in dimana bisa dibuat hingga setinggi plafon. Jika Anda ingin seperti ini, sebaiknya lakukan perancangan dan pengukuran pada awal pembangunan rumah.

Selain itu, penggunaan warna cat ternyata juga berpengaruh terhadap kesan luas ruangan. Jika Anda menggunakan warna gelap pada dinding ruangan rumah Anda, gantilah dengan warna yang lebih terang. Warna terang akan membuat kesan ruangan rumah Anda terasa lebih luas.

Lalu bagaimana caranya mensiasatinya apabila Anda hanya memiliki sedikit ruangan di rumah Anda? Tenang. Anda bisa menerapkan sistem multifungsi ruangan. Misalnya apabila Anda tidak mempunyai ruangan untuk keluarga, Anda bisa mengabungkannya dengan ruang tamu atau ruang makan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sistem dinding terbuka agar ruangan terlihat lebih luas. Caranya dengan membuka sekat dinding antara ruangan satu dengan lainnya, misalnya antara dapur dengan ruang makan.

Kini Anda tidak perlu lagi khawatir jika rumah Anda kecil dan terasa sempit. Dengan siasat di atas rumah Anda bisa terkesan luas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*