Mau Akusisi Lahan? Jangan Lupa Mengecek Legalitasnya

Market.yukbisnisproperti.org (19)

Sebelum memulai proyek, proses penting yang harus dilakukan oleh pebisnis properti adalah mengakusisi lahan. Akusisi lahan sendiri merupakan proses yang paling memakan biaya dari keseluruhan proses dalam pengembangan proyek. Jika Anda tidak teliti saat membeli lahan untuk diakusisi, maka bisa menjadi sebuah awal bencana. Oleh karena itu, Anda harus memastikan lahan yang akan diakusisi, tidak hanya posisinya namun juga legalitasnya. Untuk itu, berikut tips dalam mengecek legalitas lahan.

Saat membeli lahan, langkah awal yang harus dilakukan adalah checking. Untuk mengecek legalitas lahan, Anda harus menyamakan posisi lahan yang ditunjukkan oleh pemilik lahan dengan sertifikat yang ada. Apabila posisinya sudah sama, berarti merupakan langkah awal yang baik dan proses pengecekan sudah berjalan 50%. Kemudian tinggal mengecek sertifikatnya.

Untuk pengecekan sertifikat dilakukan dengan mencocokkan sertifikat yang ada dengan arsip sertifikat yang ada di BPN. Apabila di arsip BPN ada, maka sertifikat itu asli. Bila pengecekan kesamaan posisi lahan dan arsip sertifikat ada, maka proses sudah berjalan 99%. Mengapa tidak 100%? Karena masih ada kemungkinan sertifikat ganda atau adanya claim dari pihak lain.

Kemudian proses penting lainnya selain pengecekan legalitasnya adalah pengecekan kondisi fisik di lapangan. Ada dua hal yang harus Anda cermati, yaitu arah dari obyek di lapangan harus sama dengan di sertifikat. Selain itu, posisi tanah di lapangan juga harus sama dengan di sertifikat.

Caranya mengeceknya adalah sebagai berikut. Pada lembar Surat Ukur yang ada di sertifikat terdapat info peta, nomor pendaftaran, lembar dan kotak. Namun pada beberapa sertifikat juga ada informasi koordinat. Kemudian posisikan sertifikat sesuai dengan arah tanah. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan bantuan GPS. Jika di sertifikat tidak tertulis koordinat, maka koordinat di dalam GPS bisa Anda cocokkan dengan membawa data koordinat yang diperoleh tersebut ke BPN untuk dicocokkan.

Demikianlah cara mengecek legalitas lahan. Pastikan Anda mengecek legalitas dan posisi lahan sebelum memutuskan untuk mengakusisinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*