“Kenapa Sih Harga Properti Gak Pernah Turun?” Ternyata Ini Penyebabnya

yukbisnisproperti.org desin(3)

Seringkali kita berpikir kenapa harga properti selalu naik dan tidak pernah turun. Bagi pebisnis properti atau investor mungkin hal ini sangat menarik karena menguntungkan mereka. Namun bagi orang-orang yang ingin memiliki tempat tinggal, hal ini justru menyedihkan. Bagaimana tidak, rumah adalah kebutuhan utama manusia. Harganya yang mahal terus saja naik. Ironisnya, harganya tidak pernah turun. Inilah beberapa alasan kenapa harga properti tidak pernah turun.

  1. Sifatnya Terbatas

Ya, ketersediaan properti memang terbatas, dan akan semakin menipis seiring dengan meningkatnya kebutuhan properti. Karena dalam prinsip ekonomi berlaku semakin tinggi demand tapi supply terbatas, maka harga properti akan semakin naik. Itulah kenapa harga properti tidak pernah turun. Sebab permintaan properti yang tinggi tersebut tidak bisa sejalan dengan pasokan huniannya.

  1. Situasi Pasar yang Terbuka

Potensi pasar properti di Indonesia sangat terbuka luas untuk investor swasta di semua kelas, termasuk pasar kelas menengah ke bawah. Hal ini berbeda dengan kondisi di luar negeri, dimana properti kelas menengah ke bawah diurus langsung oleh pemerintah. Sehingga masyarakat kelas bawah kesulitan dalam memiliki hunian akibat harganya yang melambung tinggi. Sedangkan investor lebih berorientasi pada profit, meskipun tidak semuanya seperti itu.

  1. Properti Merupakan Bentuk Investasi yang Bisa Dikendalikan

Berbeda dengan investasi lain, investasi properti bisa dikendalikan sendiri oleh investor. Artinya tidak terpengaruh atau mengikuti mekanisme pasar. Jika investasi saham, emas, reksadana terpengaruh oleh kondisi ekonomi secara global sehingga nilainya bisa naik turun, maka properti tidak demikian. Hal inilah yang menyebabkan harga properti cenderung tidak pernah turun.

Itulah beberapa penyebab kenapa harga properti tidak pernah turun. Faktor lain yang menyebabkan adalah jumlah penduduk yang semakin bertambah sehingga lahan yang tersedia semakin sempit. Kemudian karena setiap properti tidak pernah sama (memiliki keunikan masing-masing), maka dari itu pasti banyak diincar sehingga harganya terus dinaikkan. Demikianlah informasi ini semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*