Inilah Alasan Kenapa Harus Investasi Properti

15

Ada begitu banyak jenis investasi, lalu kenapa harus properti? Saat ini investasi properti menjadi begitu digandrungi oleh masyarakat. Bahkan sejak jaman dulu orang tua selalu menganjurkan untuk berinvetasi properti jika mampu. Hal tersebut tidak lain karena investasi properti merupakan salah satu instrumen investasi terbaik selama ini. Properti juga memiliki kehebatan-kehebatan tersendiri dalam dunia investasi. Lalu, kenapa kita harus berinvestasi properti? Apa keunggulannya? Berikut alasannya kenapa Anda harus investasi properti.

  1. Properti Tidak Mungkin Hilang

Tidak seperti investasi lain seperti emas atau uang, properti tidak mungkin bisa hilang. Jika Anda memiliki tanah ataupun bangunan, itu tidak akan mungkin hilang atau diambil orang, bahkan jika Anda tidak pernah mengurusnya sekalipun. Kecuali jika digusur karena pelebaran jalan atau terkena bencana alam, tapi itu tidak selalu terjadi bukan? Bahkan properti yang rusak sekalipun, makin lama bisa menjadi semakin mahal. Itulah kelebihan investasi properti.

  1. Memilik Sifat 3C

Apa 3C? 3C adalah Cash, Capital, dan Collateral. Ya, properti memiliki ketiga sifat tersebut. Properti yang difungsikan sebagai tempat usaha atau disewakan bisa menjadi sumber cash flow. Properti yang dijual menjadi sumber capital flow. Dan properti yang diagunkan menjadi sumber collateral. Wah, banyak sekali manfaatnya bukan? Investasi properti memang sangat menguntungkan.

  1. Nilainya Akan Terus Naik

Inilah yang membedakan properti dengan investasi lain. Jika kita menyimpan harta berupa benda, maka biasanya nilai barang tersebut makin lama makin turun, bisa jadi karena kualitasnya yang semakin buruk atau memang sudah banyak di pasaran. Namun berbeda dengan properti. Jika Anda menyimpan properti puluhan tahun, properti tersebut nilainya tidak akan turun, bahkan bisa naik drastis dari harga belinya. Wah, kok bisa? Ya bisa. Karena ketersediaan lahan di bumi ini terbatas dan semakin menipis, sedangkan kebutuhan akan lahan semakin meningkat. Dalam prinsip ekonomi, ketika demand tinggi dan supply makin menipis, maka harga akan naik. Jadi harga properti akan naik terus.

  1. Modalnya Relatif Tidak Banyak

Ada banyak skema dalam pembelian properti. Dan yang paling populer adalah skema KPR (Kredit Pemilikan Properti). Dengan menyediakan modal sebesar 20% dari keseluruhan biaya, Anda sudah bisa memiliki rumah karena sisanya akan dibiayai oleh bank.

Bagaimana? Masih ragu untuk berinvestasi properti? Yuk investasi properti sekarang!

Leave a Reply

Required fields are marked*