Cari Investor Itu Susah? Siapa Bilang, Begini Caranya

yukbisnisproperti.org desin(3)

Para pebisnis properti pemula seringkali mengalami kesulitan-kesulitan dalam memulai bisnisnya. Kesulitan-kesulitan tersebut biasanya adalah membuka peluang pasar, membuka jaringan, hingga mendapatkan investor yang mau menanamkan modal. Nah, apakah Anda juga mengalami hal yang sama? Saat menemukan lahan yang cocok untuk diakusisi, pasti membutuhkan dana untuk mengikatnya. Kemudian biasanya pebisnis akan mencari investor yang mau menanamkan modalnya untuk mengakusisi lahan tersebut. Namun bagi pebisnis pemula, mereka biasanya belum lihai mendapatkan investor.

Untuk mendapatkan investor, ada yang namanya Model Lingkar. Apa itu? Modal lingkar merupakan modal yang digunakan untuk mencari investor. Prinsipnya sederhana, investor dicari dari lingkup jaringan terdekat dari pebisnis hingga jaringan terluar. Modal lingkar sendiri dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  • Lingkar Satu

Dalam lingkar satu, mencakup orang-orang terdekat dengan Anda. Bisa keluarga, saudara, dan keluarga besar. Anda bisa mencatat siapa saja anggota keluarga dan sanak saudara Anda. Kemudian jumlah totalnya. Dari jumlah tersebut, Anda bisa mencoba menawari mereka prospek bisnis properti. Jadi, Anda mencari investor dalam lingkungan keluarga atau saudara sendiri.

  • Lingkar Dua

Merupakan lingkar di sekitar Anda yaitu bisa teman sekolah, tetangga, ataupun teman main. Coba tawari mereka untuk menjadi investor Anda. Tidak pernah terpikirkan bukan? Jika biasanya orang saat mencari investor selalu berpikir tentang orang yang jauh, maka sebenarnya investor bisa Anda dapatkan dari orang yang Anda kenal. Lebih enak kan kalo bisa bekerja sama dengan teman dekat kita atau tetangga kita.

  • Lingkar Tiga

Dalam lingkar ini ada referral dari teman dan keluarga kita ataupun teman Anda di media sosial. Wah, bisa dibayangkan. Banyak bukan? Sehingga Anda tidak akan kehabisan nama untuk diprospek sebagai investor proyek Anda. Tidak ada salahnya Anda mencoba menawari mereka.

Kesalahan pebisnis properti pemula dalam mencari investor biasanya adalah mereka cenderung hanya berproses pada lingkar luar saja. Padahal ada banyak lingkar dalam yang bisa dijadikan partner bisnis. Bagaimana? Mudah kan dalam mencari investor? Semoga bermanfaat.

Comments

  1. untuk bisa mendapatkan investor nomor satu adalah amanah bisa di percaya ..

  2. inspiratif, coba dulu lingkar 1

Leave a Reply

Required fields are marked*