Begini Strategi Transaksi Flip Dalam Bisnis Properti

iki

Dalam bisnis properti dikenal istilah flip, yaitu kegiatan membalikkan posisi pembeli menjadi penjual dalam jangka waktu yang tidak lama. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut flipper. Prinsip dari kegiatan flip adalah buy low sell high, artinya membeli properti dengan harga murah lalu menjualnya dengan harga tinggi. Transaksi dalam flip biasanya memiliki runtutan seperti ini: membeli-renovasi-menjual. Keuntungan yang didapatkan adalah berupa margin atau selisih harga beli dan harga jual. Lalu, bagaimana caranya Anda bisa menjadi seorang flipper?

  1. Mencari Listing

Mencari listing atau data properti yang dijual adalah hal pertama yang harus dilakukan jika ingin melakukan flip. Data yang inginkan bisa Anda peroleh dari koran, media sosial, internet, atau dari mana saja. Anda juga bisa membeli rumah bekas yang memang dijual murah oleh pemiliknya. Setelah Anda mendapatkan properti yang sedang dijual, segera lakukan negoisasi dengan pemiliknya. Nah, disinilah strategi transaksi flip dimulai. Anda harus menawar properti yang akan Anda beli dengan strategi bayar mundur atau naikkan harga. Misalnya Anda membeli properti dengan tempo bayar 1 bulan. Anda cukup membayar DPnya 1 juta atau berapapun Anda mengikatnya dalam perjanjian AJB belum lunas.

  1. Melakukan Renovasi

Untuk menaikkan harga jual properti yang sudah Anda beli, Anda bisa melakukan renovasi. Namun harus diingat, jangan sampai renovasi yang Anda lakukan malah menggerus keuntungan Anda nantinya. Maka dari itu, perhitungkan biaya renovasi agar Anda tetap untung.

  1. Menjual Properti

Properti yang sudah Anda beli dan renovasi tadi bisa Anda jual dan pasarkan melalui media online maupun konvensional. Anda bisa menaikkan harga jualnya. Yang jelas harga jualnya harus memiliki selisih dengan biaya renovasi dan keuntungan Anda. Namun biasanya, sesuai perjanjian dengan pemilik rumah tadi, Anda harus melunasi sisa pembayaran dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Maka dari itu, Anda juga harus lihai dalam menjual properti ini dalam jangka waktu pendek.

Jadi seperti itulah strategi transaksi flip dalam bisnis properti. Semoga bisa membantu Anda.

Leave a Reply

Required fields are marked*