5 Tips Memiliki Portofolio Properti Terbaik

17

Bagi seorang investor, berinvestasi tidak hanya sekedar mengumpulkan banyak properti. Tapi penting juga untuk memiliki portofolio properti. Yang harus investor lakukan adalah terus mendapatkan properti yang baik. Menyusun portofolio properti memang tidak mudah, terlebih bagi Anda yang baru memulai investasi properti. Namun, sebelum menyusun portofolio properti Anda, ketahui beberapa tips untuk memiliki properti terbaik sebagai berikut.

  1. Ketahui Pilihan Anda

Jangan membeli properti hanya dari tampilan fisiknya saja. Lebih baik menahan diri untuk membeli properti yang sebenarnya tidak benar-benar Anda inginkan. Sebelum memutuskan untuk membeli properti, Anda harus memahami apa, dimana, dan kapan Anda harus membeli. Apakah Anda berinvestasi untuk menambah cash flow atau capital gain, dan lain sebagainya. Karena bukan tidak mungkin jika yang Anda inginkan tersebut sebenarnya bukan yang Anda butuhkan. Oleh sebab itu, ketahui dulu pilihan Anda.

  1. Lihatlah Kondisi Sekitar Anda

Dengan melihat kondisi sekitar Anda akan tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar saat ini. Ini merupakan strategi untuk mengetahui properti yang mempunyai value tinggi. Anda juga bisa membandingkan pertumbuhan yield dan capital gain di setiap daerah incaran Anda. Kemudian agar Anda bisa menargetkan area yang terbaik untuk berinvestasi properti.

  1. Melakukan Survey

Untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang properti, Anda harus banyak bepergian dan melakukan survey untuk membandingkan puluhan bahkan ratusan properti. Dengan seperti ini, Anda akan tahu mana properti terbaik untuk diinvestasikan. Selain itu, penting juga untuk membangun relasi dengan para pemain properti yang bisa memberikan Anda informasi mengenai cara membeli properti yang potensial.

  1. Berani Mengambil Resiko

Dalam investasi properti pastilah ada resiko. Yang Anda lakukan bukannya menghindari resiko tersebut, namun malah harus berani mengambil resiko. Jika tidak begitu, bisnis Anda tidak akan berkembang. Berani mengambil resiko disini maksudnya adalah dalam rangka untuk meningkatkan keuntungan. Misalnya, Anda merenovasi properti Anda untuk meningkatkan ekuitas properti meskipun resikonya adalah Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun jika properti yang Anda renovasi tersebut harga jualnya bisa naik, Anda akan mendapatkan keuntungan bukan?

  1. Selalu Belajar dari Ahli

Untuk memiliki portofolio properti terbaik, Anda tidak boleh malu untuk selalu belajar dari ahlinya. Hal ini untuk mengecek apakah strategi yang Anda lakukan sudah tepat atau belum.

Dan jika Anda benar-benar ingin memiliki portofolio properti yang luar biasa, pastikan Anda dikelilingi oleh tim yang ahli mulai akuntan, perencana keuangan, pengamat properti, developer, kontraktor, dan agen properti. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*