Tips Memulai Investasi Properti Bagi Pemula

yukbisnisproperti.org desin

Jika Anda adalah seorang pemula dalam investasi properti, Anda patut membaca beberapa tips dari kami tentang cara memulai investasi properti. Investasi di bidang properti memang memiliki resiko yang rendah, namun jika Anda tidak melakukan pertimbangan yang baik saat memulaii berinvestasi, bisa saja investasi ini justru merugikan Anda. Terlebih investasi properti memerlukan modal yang besar. Untuk itu, ada baiknya Anda menyimak tips dari kami berikut ini.

  • Bekali Pengetahuan Anda Sebanyak Mungkin

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam investasi ini, sebaiknya Anda perbanyak pengetahuan mengenai properti. Pahami berbagai hal yang berkaitan dengan properti sedetail mungkin mulai dari faktor pengungkit harga, cara bernegoisasi, cara mendapatkan properti murah, biaya-biaya di luar transaksi, kualitas bahan bangunan, dan lain sebagainya. Pengetahuan-pengetahuan tersebut akan membantu Anda dalam berinvestasi dan meminimalisir tindakan penipuan.

  • Memilih Jenis Properti

Jangan sampai saat Anda memutuskan untuk berinvestasi properti tapi Anda belum tahu properti apa yang akan Anda investasikan. Anda perlu memikirkan secara matang properti apa yang sekiranya menguntungkan Anda.

  • Tahu Anggaran Anda

Jika Anda sudah memutuskan jenis properti yang Anda pilih untuk diinvestasikan, kemudian Anda sesuaikan dengan anggaran Anda. Jika Anda berencana mengajukan pinjaman ke bank, Anda bisa mengajukan pre-approval agar Anda bisa tahu besaran pinjaman untuk mulai berburu properti terbaik.

  • Mencari Lokasi Strategis

Pemilihan lokasi sangatlah penting dalam investasi properti. Carilah lokasi yang sedang berkembang atau dekat dengan pusat keramaian seperti kampus, perkantoran, mall, dan lain sebagainya.

  • Perhatikan Faktor Legalitas

Pastikan properti yang Anda beli untuk diinvestasikan legalitasnya terjamin, dalam artian dokumen-dokumennya lengkap dan mempunyai ijin yang sah.

  • Siapkan Dana di Luar Transaksi

Berbeda dengan investasi lain, investasi properti memerlukan biaya-biaya tambahan di luar transaksi. Biaya-biaya tersebut bisa berupa pajak atau biaya untuk mengurus kepemilikan properti. Besaran biaya-biaya tersebut bisa dibilang lumayan besar.

  • Pilihlah Investasi yang Paling Menguntungkan

Investasi properti yang menguntungkan diantaranya adalah yang modalnya kecil, capital gainnya besar, dan waktu menjualnya cepat. Karena investasi properti merupakan investasi jangka panjang, maka disarankan untuk menjual properti jika waktunya sudah 5 tahun dari waktu membeli. Hal tersebut agar kenaikan dari harga properti dapat memberikan Anda keuntungan. Jangan menjual properti sebelum harganya naik secara signifikan.

  • Jangan Meremehkan Biaya Lanjutan

Pastikan jika Anda memiliki dana lebih untuk mengsuransikan properti Anda atau untuk biaya perbaikan serta perawatan.

Kunci sukses dalam investasi properti adalah kesabaran dan ketekunan. Karena investasi properti merupakan investasi jangka panjang maka Anda harus bersabar untuk bisa menikmati keuntungannya. Anda mungkin tidak bisa menikmati hasilnya dalam jangka waktu satu atau dua tahun. Namun saat harga properti sudah naik dalam waktu 5 tahun, keuntungan Anda akan sangat banyak.

Leave a Reply

Required fields are marked*