Inilah Lokasi Terbaik untuk Investasi Properti di Indonesia

17

Lokasi memang menjadi syarat utama kesuksesan investasi properti. Pemilihan lokasi tentunya menentukan apakah investasi properti menguntungkan atau justru membuat Anda rugi. Lokasi yang tepat untuk berinvestasi properti adalah lokasi yang strategis dan prospektif (infrastrukturnya baik, dekat dengan fasilitas umum, dan sebagainya). Lalu, bagaimanakah kriteria lokasi yang strategis dan prospektif tersebut? Simak ulasannya sebagai berikut.

  • Arus masuk ke lokasi lebih besar daripada arus keluar.

Artinya, secara demografi lokasi tersebut menjadi tujuan utama manusia atau dengan kata lain lokasi tersebut menjadi salah satu tempat tujuan manusia menggantungkan hidupnya.

  • Lokasi yang Mudah Diakses

Lokasi yang mudah diakses diantaranya adalah yang dekat dengan pusat kota, jalan raya, jalan tol, stasiun, dan lain sebagainya. Selain itu, lokasi yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan pusat pendidikan juga menjadi lokasi yang strategis untuk investasi properti.

  • Lokasi yang Paling Diinginkan

Lokasi untuk investasi properti yang paling menjanjikan adalah lokasi yang paling banyak diinginkan atau dibutuhkan baik oleh konsumen maupun investor. Lokasi seperti biasanya menjadi pilihan bagi masyarakat berpenghasilan menengah.

  • Lokasi yang Masuk Dalam Kategori Sunrise Property

Yaitu lokasi yang terletak di kawasan yang baru dan berkembang, kawasan baru dan stabil, dan kawasan modern yang baru direhabilitasi.

Lalu, tahukah Anda mana saja kota-kota di Indonesia yang merupakan lokasi terbaik untuk investasi properti? Setidaknya, ada 3 kota di Indonesia yang menjadi lokasi terbaik untuk investasi properti, diantaranya:

  1. Surabaya

Berdasarkan data pada tahun 2014, pertumbuhan ekonomi di Surabaya lebih tinggi daripada di Jakarta dan di kota-kota lain di Jawa Timur. Pendapatan per kapita yang mencapai 84 juta per tahun dan tingkat inflasi yang hanya 7,52% serta masuknya sub sektor properti seperti hotel dan restoran membuat Surabaya menjadi kota yang baik untuk investasi properti. Harga tanah di kota ini berkisar antara 5 sampai 10 juta per meter persegi dan bisa mengalami kenaikan hingga 30% per tahun. Pada akhir tahun 2017 ini, kenaikan harga properti di Surabaya diperkirakan akan mengalami puncaknya.

  1. Bekasi

Kota ini merupakan kota dengan populasi terbanyak keempat di Indonesia. Hal tersebut tentu saja membuat kebutuhan properti akan terus meningkat. Meskipun pertumbuhan ekonominya terbilang masih relatif rendah dibandingkan dengan Tangerang atau Depok, namun infrastruktur di kota ini cukup berkembang pesat. Harga tanah di Bekasi berkisar antara 5 sampai 10 juta per meter persegi. Potensinya dalam waktu 5 hingga 10 tahun, kenaikan harganya bisa mencapai 30% sampai 50% per tahun.

  1. Cikampek dan Cirebon

Kedua lokasi ini dekat dengan jalur tol sehingga kemudahan aksesnya membuat harga hunian di kedua kota tersebut meningkat. Cikampek dan Cirebon juga berpotensi karena belum banyak pengembang yang menjamah kedua kota tersebut. Harga tanah antara 1 sampai 5 juta per meter persegi. Kenaikan harganya bisa mencapai 15% hingga 20% per tahun.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Required fields are marked*