Beberapa Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Kost (Bagi Investor)

21

Saat Anda ingin memulai bisnis rumah kost, mungkin Anda masih bingung apakah Anda ingin membangun rumah kost dari awal atau membeli rumah kost yang sudah jalan. Membangun rumah kost dari awal tentu membutuhkan modal yang lebih besar dibandingkan dengan membeli yang sudah jalan. Namun bagi Anda yang tidak ingin repot-repot membangun rumah kost dari awal, Anda bisa membelinya. Biasanya banyak developer yang menawarkan rumah kost yang sudah jalan atau Anda juga bisa membelinya dari orang yang memang sengaja menjualnya

Beberapa keuntungan dan kerugian membeli rumah kost:

  • Dana yang dikeluarkan untuk membeli lebih sedikit dibandingkan dengan membangun dari awal.

  • Bisa langsung menghasilkan karena biasanya sudah ada yang menyewa.

  • Meminimalkan usaha promosi karena sudah berjalan.

  • Target pasar biasanya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.

  • Desain bangunan bisa jadi tidak sesuai denan yang Anda inginkan.

  • Membutuhkan dana untuk renovasi untuk perawatan atau perbaikan apabila ingin sesuai dengan target pasar.

Jika Anda ingin membeli rumah kost sebagai lahan bisnis, terdapat beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan, antara lain:

  1. Dana

Hal pertama yang harus Anda siapkan sebelum membeli rumah kost adalah dana. Jika Anda tidak mempunyai dana yang cukup, ada berbagai cara untuk mendapatkan dana, salah satunya adalah pinjaman bank. Saat ini banyak bank yang menawarkan kredit kepemilikan rumah dalam jangka waktu yang panjang dan suku bunga yang kompetitif.

  1. Lokasi

Lokasi menjadi faktor penting dalam bisnis rumah kost karena lokasi akan menentukan banyak tidaknya peminat dari rumah kost Anda nantinya. Belilah rumah kost yang terletak di lokasi strategis, aksesnya ke jalan raya mudah, dan biasanya yang paling banyak dicari adalah yang dekat dengan kampus atau perkantoran. Hindari membeli rumah kost yang lokasinya jauh dari pusat bisnis dan aksesnya sulit dijangkau.

  1. Target Pasar

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah kost, tentukan terlebih dahulu target pasar Anda, apakah Anda ingin menyewakan rumah kost untuk mahasiswa atau pekerja. Hal ini penting untuk menentukan potensi pendapatan Anda dan menyesuaikannya dengan biaya yang Anda keluarkan.

  1. Kondisi Bangunan

Point yang satu ini juga penting untuk diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli rumah kost. Perhatikan apakah bangunan tersebut kondisinya masih bagus, terdapat kerusakan atau tidak. Karena jika ternyata membutuhkan perawatan, Anda harus mengeluarkan dana untuk merenovasinya.

  1. Harga

Setelah mempertimbangkan beberapa hal tersebut di atas. Point terakhir yang harus Anda perhatikan adalah harga. Pertimbangkan biaya yang Anda keluarkan untuk membeli rumah dengan potensi penghasilan dan Return Of Investment (ROI) yang akan Anda dapatkan nanti. Anda juga bisa melakukan survey harga rumah kost di tempat lain sebagai perbandingan.

Itulah beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan sebelum membeli rumah kost. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*