5 Hal Pasti untuk Pasti Mendapatkan Listing Properti

Kunci sukses seorang broker properti adalah mendapatkan banyak listing. Karena semakin banyak listing tentu akan semakin memperbesar peluang closing. Selain memperbanyak listing, broker properti juga harus memperhatikan kualitas listing dan betul-betul memahami obyek listingnya karena menentukan potensi terjualnya suatu obyek.

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan listing properti? Untuk pasti mendapatkan listing properti, maka ada 5 hal pasti yang harus Anda perhatikan.

  1. Pasti Dijual

Pastikan bahwa properti yang akan Anda listing benar-benar serius dijual oleh pemiliknya. Karena terkadang ada banyak sekali pemilik properti yang hanya ingin mengetahui harga pasaran dari properti miliknya. Maka dari itu, Anda harus memastikan kepada pemilik properti bahwa dia serius menjual propertinya. Jangan sampai saat ada calon pembeli yang tertarik dan ingin meninjau lokasi, ternyata obyek tidak benar-benar dijual atau harganya selalu dinaikkan ketika ada penawaran.

  1. Pasti Siapa Pemiliknya

Saat Anda mendapatkan info mengenai properti yang sedang dijual, pastikan siapa pemiliknya. Pastikan bahwa nama yang ada di sertifikat sama dengan nama yang bersangkutan. Penting untuk menghubungi pemilik properti yang sebenarnya, karena berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan calon pembeli. Apabila orang yang bersangkutan mempunyai kuasa untuk menjual, pastikan juga bahwa orang tersebut sebagai decision maker untuk menentukan harga jual.

  1. Pasti Bersedia Dibantu

Jika pemilik properti tidak bersedia dibantu menjualkan propertinya, maka tidak bisa dimasukkan ke dalam listing. Untuk itu, pastikan bahwa pemilik properti yang ingin Anda listing bersedia dibantu dan menyetujui rate fee sesuai dengan perjanjian. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya konflik nantinya.

  1. Pasti Bersedia Difoto

Untuk bisa memasarkan listing dengan baik, maka Anda perlu foto properti agar konsumen bisa percaya. Maka pastikan pemilik rumah yang Anda listing bersedia rumahnya untuk difoto baik bagian luar maupun dalam serta bersedia jika propertinya dipublikasikan di iklan. Selain itu, pastikan juga jika obyek bisa dikunjungi atau disurvey oleh calon pembeli.

  1. Pasti Dokumennya Lengkap

Agar terhindar dari masalah hukum, masalah carilah listing yang dokumennya sudah pasti lengkap. Mulai dari sertifikat, IMB, dan SPPT/PBB. Apabila sertifikat belum ada, maka pastikan apakah dokumen pendukungnya sudah ada. Misalkan akta jual beli, surat pethok, akte hibah, akte waris, atau yang lainnya.

Jika 5 Hal Pasti ini sudah Anda pastikan saat mencari listing. Maka bisa dipastikan jika Anda akan mendapatkan banyak listing untuk diposting. Selamat mencoba.

One Comment on “5 Hal Pasti untuk Pasti Mendapatkan Listing Properti”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *