Tips Memilih Rumah Kost yang Aman dan Nyaman

18

Bagi Anda yang akan atau ingin tinggal di luar kota, baik untuk kuliah maupun bekerja, Anda pasti membutuhkan tempat tinggal. Biaya untuk menyewa sebuah rumah tentunya tidak sedikit, terlebih jika Anda berencana tinggal di sebuah kota besar pastilah sangat mahal harga sewanya. Salah satu jenis tempat tinggal yang banyak dicari oleh para pelancong dari luar kota adalah rumah kost. Selain harganya yang lebih terjangkau, banyak rumah kost yang biasanya jaraknya lebih dekat dengan kampus maupun kantor.

Ada banyak sekali rumah kost yang menyewakan kamar, harganya pun tentu bervariatif, tergantung dari model dan luasnya, serta jarak dari instansi pendidikan atau pusat bisnis. Semakin bagus dan luas serta lengkap fasilitasnya, harga sewa kamar kost juga akan semakin mahal. Jauh dekatnya lokasi rumah kost dari tempat Anda menempuh pendidikan atau bekerja, juga menentukan harga sewanya.

Untuk Anda yang masih bingung dalam memilih rumah kost yang ingin Anda sewa nantinya, berikut kami berikan beberapa tips dalam memilih rumah kost yang aman dan nyaman:

  • Pilihlah rumah kost yang dekat dengan akses jalan utama.

Dengan memilih rumah kost yang dekat dengan akses jalan utama, maka aktivitas Anda seperti berangkat ke kampus maupun bekerja akan lebih mudah dilakukan. Anda bisa menggunakan berbagai macam transportasi umum untuk mengantarkan Anda ke tempat tujuan.

  • Perhatikan keamanan di sekitar rumah kost.

Anda perlu memastikan bahwa lingkungan tempat kost Anda aman dan terdapat sistem pengamanan yang cukup, misalnya saja satpam atau petugas penjaga malam. Keamanan di sekitar rumah kost sangatlah penting karena banyak kejahatan yang mengintai terutama jika kondisi rumah kost sedang sepi.

  • Pastikan bahwa rumah kost dekat dengan penjual kebutuhan hidup sehari-hari.

Jika Anda memutuskan untuk nge-kost, pastilah Anda harus memenuhi segala kebutuhan sehari-hari Anda sendiri, seperti membeli makan, sabun cuci, alat tulis dan lain sebagainya. Untuk itu, carilah rumah kost yang dekat dengan warung, toko, dan minimarket agar Anda tidak kesulitan saat ingin membeli kebutuhan tersebut. Jika warung/toko jauh dari rumah kost Anda, maka Anda harus naik kendaraan umum dan tentunya juga harus mengeluarkan uang lebih. Anda jadi tidak bisa berhemat.

  • Pilihlah rumah kost yang tenang.

Sebagai mahasiswa, Anda tentunya memerlukan waktu belajar di kost. Suasana kost yang tenang tentu akan membantu konsentrasi Anda. Begitu juga jika Anda seorang karyawan, setelah pulang kerja Anda pastinya ingin istirahat dengan tenang kan? Nah, suasana kost yang tenang tentu akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi penghuninya.

  • Lakukan survey terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menyewa kost.

Hal ini juga penting dilakukan terutama untuk mempertimbangkan aspek-aspek seperti keamanan, kenyamanan, ketenangan, serta fasilitasnya. Dengan melakukan survey, Anda bisa membandingkan kost mana yang lebih murah dan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Demikianlah tips yang bisa kami berikan dalam memilih rumah kost yang aman dan nyaman. Semoga Anda bisa menemukan rumah kost yang sesuai dengan kriteria Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*