Tips Membuat Konstruksi Rumah yang Hemat dan Murah

10

Pembuatan konstruksi rumah bisa dikatakan membutuhkan biaya yang paling banyak dan proses pembangunan rumah. Bahkan terkadang, anggaran untuk pembuatan konstruksi rumah bisa memakan dana hingga 40-50% dari total biaya. Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa cara untuk menekan biaya pengeluaran pembuatan konstruksi rumah agar tidak terlalu tinggi. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat konstruksi rumah yang hemat dan murah.

Pertama, Anda harus membuat luasan bangunan tidak besar. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa ukuran rumah menggunakan kelipatan angka genap atau angka panjang bahan material. Jika Anda memakai material baja, maka ukuran yang ideal adalah 3 meter, 6 meter, 9 meter. Jika memakai material beton, maka kelipatan 4 meter adalah ukuran yang ideal.

Kedua, membuat bentuk bangunan menjadi bentuk kotak atau persegi panjang akan lebih menghemat biaya dibandingkan dengan bentuk lain seperti segitiga, bundar, atau lainnya. Dari segi bahan material, bentuk konstruksi yang selain kotak akan menyebabkan pemborosan karena biasanya sisa material tidak bisa digunakan lagi. Contoh seperti ini biasanya terjadi pada bangunan yang bentuknya melengkung.

Ketiga, pilihlah lahan yang bentuknya datar dan kondisi tanahnya cukup keras, tidak berlumpur atau gembur. Jangan memilih yang berbatu dan tanahnya sangat keras, dan cukup curam karena akan menambah biaya untuk perataan rumah dengan metode dan teknik khusus.

Keempat, pada saat pembuatan dan pemasangan konstruksi rumah sebaiknya dilakukan pada awal musim kemarau. Karena jika dilakukan pada musim hujan, pekerjaan akan terhambat dan Anda harus membuang-buang dana secara percuma untuk menggaji pekerja meskipun tidak bekerja. Untuk itu, carilah tukang dan mandor yang sudah berpengalaman di bidangnya. Meskipun mereka meminta upah yang tinggi, hasil kerjanya juga memuaskan.

Kelima, untuk penggunaan bahan material, disarankan untuk menggunakan produk lokal atau asli Indonesia karena harganya lebih murah. Selain itu, untuk lebih menghemat biaya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan material yang ada di sekitar tempat tinggal Anda, seperti bambu, batu bata, dan kayu. Sedangkan untuk material alternatif, Anda bisa menggunakan semen mortar, beton aerasi, kertas, styrofoam, fiber semen, dan kontainer.

Cara lain agar konstruksi rumah yang Anda bangun hemat dan murah adalah meniadakan elemen dekoratif atau hiasan yang tidak perlu, karena tentunya akan menambah biaya. Perencanaan pembangunan juga harus dilakukan dengan baik agar tidak terjadi kesalahan sehingga menyebabkan perombakan atau renovasi.

Selain itu, jenis atap yang digunakan juga menentukan hemat tidaknya konstruksi rumah yang dibangun. Jenis atas pelana lebih murah dibandingkan atap perisai karena konstruksi yang digunakan lebih sedikit.

Itulah beberapa tips agar konstruksi rumah yang Anda bangun menjadi lebih hemat dan murah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*