Tidak Hanya Menguntungkan, Ternyata Bisnis Rumah Kost Juga Memiliki Resiko

9

Tidak hanya menjanjinkan serta menguntungkan, bisnis rumah kost juga memiliki resiko. Semua jenis usaha atau bisnis pada dasarnya memang memiliki resiko yang bisa saja menimpa setiap pebisnis. Itulah mengapa para pebisnis harus lebih jeli dan teliti dalam menjalankan usahanya.

Untuk Anda yang memang menggeluti bisnis rumah kost, Anda sebaiknya memahami apa saja resiko dari bisnis ini. Hal ini penting agar Anda dapat mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi suatu saat nanti. Anda harus pintar memutar strategi untuk menghadapi persaingan terutama jika lokasi rumah kost Anda terletak di wilayah strategis dan sudah banyak hunian kost yang serupa. Apabila Anda salah langkah dalam mengelola bisnis rumah kost Anda, tidak menutup kemungkinan bisnis Anda merugi karena rumah kost Anda sepi peminat. Untuk itu, perlu Anda kenali resiko-resiko dalam berbisnis rumah kost yang akan kami uraikan di bawah ini.

Agar penghuni rumah kost Anda betah, Anda harus siap mengeluarkan dana lebih untuk membayar pelayan yang akan melayani kebutuhan penghuni kost seperti mencuci dan menyetrikan baju penghuni, membersihkan kamar, serta menyiapkan makanan bagi penghuni. Tidak hanya itu, pemilik kost juga harus mengeluarkan dana lagi untuk memberikan fasilitas lebih seperti kulkas, AC, wifi, dan lain sebagainya. Dan apabila fasilitas-fasilitas tersebut mengalami kerusakan, Anda juga harus mengeluarkan dana lebih untuk memperbaikinya. Pokoknya kenyamanan para penghuni kost harus diproritaskan agar mereka betah menyewa rumah kost Anda. Jangan sampai rumah kost Anda yang “full service” malah membuatnya sepi peminat karena harga sewanya yang terlalu mahal. Oleh karena itu, Anda juga harus pintar-pintar dalam menentukan harga sewa berdasarkan modal yang Anda keluarkan.

Tidak hanya masalah kenyamanan penghuni, resiko pencurian dan pembunuhan yang terjadi di kost juga bisa menjadikan rumah kost Anda sepi peminat meskipun rumah kost Anda terletak di lokasi yang strategis. Untuk itu, perlu perhatikan keamanan di lingkungan rumah kost Anda agar hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dan membuat penghuni kost takut lalu berhenti menyewa kost.

Resiko lainnya yang harus dihadapi oleh pemilik kost adalah ketidakdisiplinan penghuni kost dalam membayar uang sewa. Hal ini wajar karena rata-rata penyewa kost adalah mahasiswa dan karyawan yang keuangannya tidak seberapa banyak. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa membuat peraturan denda keterlambatan pembayaran uang sewa. Dengan begitu, penghuni kost akan disiplin dalam membayar uang sewa dan Anda tidak akan rugi.

Apabila “magnet” di sekitar rumah kost Anda berpindah, maka besar kemungkinan bisnis Anda akan bangkrut. Magnet yang dimaksud disini adalah sekolah, kampus, kantor, atau pusat perbelanjaan. Namun hal tersebut jarang sekali terjadi sehingga bisnis ini terbilang cukup aman dan stabil.

Demikianlah resiko dalam berbisnis rumah kost yang perlu Anda ketahui. Antisipasi perlu dilakukan mulai dari sekarang daripada Anda mengalaminya nanti. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*