Punya Bisnis Rumah Kost? Yuk Maksimalkan Penghasilannya

yukbisnisproperti.org desin

Anda punya usaha rumah kost tapi penghasilan Anda hanya dari hasil uang sewa tiap bulannya? Jika iya, maka Anda termasuk orang yang kurang cerdik dalam memaksimalkan usaha. Kenapa bisa begitu? Karena bisnis rumah kost tanpa disadari atau tidak dapat menciptakan peluang usaha lain bagi pemilik kost.

Kebutuhan penghuni kost tidak hanya terhenti pada kamar untuk tempat beristirahat saja. Sebagai manusia yang dituntut untuk hidup mandiri jika tinggal di rumah kost, penghuni kost pastinya juga harus memenuhi segala kebutuhannya sendiri, mulai dari membeli makanan, mencuci dan menyetrika baju, hingga membeli keperluan sehari-hari seperti alat tulis, sabun mandi, dan lain sebagainya. Dari kondisi tersebut, pemilik kost bisa memanfaatkannya sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Enak kan? Hanya modal sekali, sudah mendapatkan uang sewa setiap bulannya, masih bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Itulah mengapa bisnis rumah kost sangat menguntungkan.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah kost? Berikut akan kami jabarkan di bawah ini. Bagi Anda yang baru akan memulai bisnis rumah kost juga bisa menyimak cara memaksimalkan bisnis rumah kost agar usaha Anda menguntungkan nantinya.

Membuka Warung Makanan di Depan Rumah Kost

Kebutuhan utama penghuni kost pastilah adalah makanan. Kebanyakan rumah kost tidak menyediakan dapur sehingga penghuni kost harus membeli makanan di warung. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pemilik kost dengan membuka warung makanan di depan rumah kostnya. Penghuni kost pasti akan sangat senang karena mereka tidak perlu jauh-jauh untuk membeli makanan. Membuka warung makanan pastinya memerlukan dana tambahan. Untuk Anda yang tidak ingin membuka warung makanan, Anda bisa menyiapkan makanan untuk para penghuni kost setiap harinya. Tentunya dengan menambahkan uang makan ke dalam uang sewa atau uang makan tersebut dimasukkan ke dalam biaya tambahan yang harus dibayarkan penyewa tiap bulannya.

Menyediakan Jasa Cuci dan Setrika Baju

Penghuni kost yang pada umumnya adalah mahasiswa dan pekerja, pastilah disibukkan oleh kegiatan kuliah dan bekerja. Sehingga terkadang yang sudah kelelahan menjadi malas untuk sekedar mencuci baju. Anda bisa menawarkan jasa laundry (mencuci sekaligus menyetrika baju) penghuni kost. Dengan begitu, Anda pasti akan mendapatkan penghasilan tambahan dari menawarkan jasa tersebut.

Menawarkan Jasa Cleaning Service Kost

Satu lagi cara untuk memaksimalkan bisnis rumah kost Anda adalah dengan menawarkan jasa bersih-bersih (cleaning service) kamar kepada penghuni kost. Jasa ini kemungkinan jarang diinginkan namun tidak menutup kemungkinan banyak yang menginginkannya juga. Anda bisa melakukan sendiri atau memperkerjakan orang lain.

Itulah beberapa cara memaksimalkan penghasilan dari bisnis rumah kost. Sebenarnya masih banyak cara memanfaatkan usaha ini untuk mendapatkan penghasilan lebih, tergantung bagaimana kebutuhan para penghuni dan kreativitas Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*