Menengok Prospek Bisnis Rumah Kost

18

Jika Anda sedang ingin berbisnis di bidang properti, maka bisnis di bidang rumah kost perlu Anda coba. Memang banyak sekali jenis bisnis properti, mulai dari perumahan hingga apartemen. Namun jika Anda bertempat tinggal di lingkungan yang dekat dengan instansi pendidikan terutama universitas dan juga pusat bisnis, tidak ada salahnya mencoba membuka bisnis rumah kost.

Untuk memulai bisnis rumah kost memang dibutuhkan modal yang besar. Anda harus membuat rumah dengan banyak kamar untuk disewakan nantinya. Semakin banyak kamar yang ingin disewakan, maka semakin besar pula modal yang harus dikeluarkan. Terlebih jika Anda ingin memberikan fasilitas seperti perabotan dan wifi. Bisnis ini cocok untuk dijalani terutama jika tempat Anda tinggal banyak dihuni oleh pendatang dari luar kota untuk menempuh pendidikan maupun untuk bekerja di kota Anda.

Meskipun modalnya besar, namun bisnis rumah kost akan memberikan Anda banyak keuntungan. Selain itu, Anda akan mendapatkan uang sewa setiap bulannya hanya dengan sekali modal dan bisnis ini termasuk bisnis jangka panjang. Maka dari itu, untuk Anda yang ingin memulai bisnis ini tidak perlu ragu apalagi takut rugi. Berikut beberapa gambaran tentang prospek bisnis rumah kost beserta keuntungannya.

  • Bisnis rumah kost akan memberikan Anda banyak keuntungan karena permintaan akan rumah kost sangat tinggi. Kebutuhan akan rumah kost selalu bertambah dari tahun ke tahun. Hal ini karena jumlah mahasiswa dan karyawan juga bertambah tiap tahunnya.

  • Bisnis rumah kost juga akan memberikan Anda penghasilan yang rutin dan bersifat jangka panjang. Karena penyewa kost biasanya adalah mahasiswa atau pekerja yang merantau, maka pasti mereka Anda menetap selama beberapa tahun. Sehingga selama mereka masih kuliah atau bekerja, mereka masih tetap akan menyewa kost.

  • Dalam berbisnis rumah kost pengelolaannya juga cukup mudah. Anda mungkin hanya akan repot di awal pembuatan rumah kost, seperti mengatur desain kamar beserta fasilitasnya. Namun jika rumah kost sudah jadi, Anda bisa menyerahkan pengelolaannya kepada orang kepercayaan Anda dengan sesekali memeriksa keadaan rumah kost, membayar tagihan listrik atau air, dan lain sebagainya.

  • Banyak orang yang lebih suka menyewakan rumah kost dibandingkan dengan menyewakan rumah biasa. Karena penghasilan dari menyewakan rumah kost jauh lebih tinggi dibandingkan dengan menyewakan rumah biasa, terlebih jika bisnis rumah kost juga dilengkapi dengan fasilitas seperti perabotan dan wifi. Selain itu, kondisi bangunan rumah kost juga lebih terawat apabila sering dikontrol, dibandingkan dengan penyewa rumah biasa yang tidak terlalu memperhatikan perawatan rumah dan akhirnya Anda juga yang harus merenovasi.

  • Jika suatu saat Anda ingin menjual rumah kost yang Anda kelola, maka harga rumah kost sudah pasti lebih tinggi dibandingkan dengan harga rumah biasa. Terutama jika karena Anda sering mengontrol kondisi rumah kost, maka bangunan rumah kost yang terawat juga akan meningkatkan harga jual.

Itulah beberapa gambaran mengenai prospek bisnis rumah kost. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*