Kelebihan dan Kekurangan Sewa Rumah Kost

14

Anda ingin nge-kost? Sebelum memutuskan untuk ngekost, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari menyewa rumah kost yang perlu Anda ketahui. Rumah kost memang merupakan pilihan bagi para pendatang dari luar kota karena lebih simpel menyewa sebuah kamar dan harganya pun lebih murah dibandingkan menyewa rumah atau apartemen. Rumah kost begitu menjamur terutama di daerah yang dekat dengan instansi pendidikan seperti universitas, perkantoran atau pusat bisnis, dan pusat perbelanjaan.

Rumah kost biasanya terdiri dari beberapa kamar untuk disewakan yang didalamnya terdapat fasilitas seperti tempat tidur, lemari, AC, dan bahakan kamar mandi. Harga sewa kamar kost juga bervariatif, tergantung dari lokasinya dan jaraknya dari tempat Anda belajar atau bekerja. Menyewa rumah kost juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut? Simak uraian berikut ini.

Kelebihan sewa rumah kost:

  1. Bayar Sewa Lebih Murah

Karena kamar kost bangunannya lebih kecil dibandingkan rumah kontrakan, maka biaya sewanya pun juga lebih murah. Biaya sewa rumah kost biasanya dibayarkan setiap satu bulan sekali dan sudah termasuk uang listrik dan air. Ada biaya sewa kost yang mahal berarti fasilitas di dalamnya lebih lengkap seperti ada AC, wifi, kamar mandi dalam, dan lain-lain.

  1. Lebih memudahkan penyewa jika ingin berpindah-pindah kost

Karena pembayaran uang sewa kost dilakukan setiap sebulan sekali, penyewa bisa sesuka hati untuk tidak melanjutkan sewa kostnya di bulan depan apabila ingin pindah. Pemilik kost pun tidak akan dipusingkan dengan siapa yang akan menyewa kamar kost selanjutnya karena tidak semua kamar kost ditinggalkan oleh penyewanya, jadi pemilik kost masih memiliki penghasilan.

  1. Pengawasan Lebih Ketat

Rumah kost biasanya berdampingan dengan rumah pemilik kost. Hal tersebut lebih menguntungkan karena pemilik kost bisa secara langsung mengalami rumah kost dan penghuninya sehingga keamanan lebih terjaga. Jumlah kamar yang banyak dalam rumah kost juga menjadikan penghuni lebih ramai sehingga satu sama lain bisa saling mengawasi.

Kekurangan sewa rumah kost:

  1. Hanya bisa dihuni oleh satu atau dua orang.

Karena ukuran kamar yang kecil, kamar kost biasanya hanya bisa dihuni oleh satu atau dua orang. Sehingga apabila ingin dihuni oleh lebih dari dua orang, harus menyewa kamar kost lagi.

  1. Sempitnya ruangan untuk menyimpan barang-barang.

Meskipun kamar kost dihuni sendiri, namun banyaknya barang-barang yang harus dibawa membuat kamar kost yang tidak begitu luas menjadi terasa sempit. Terlebih jika Anda menaruh tv, kulkas, komputer, kipas angin, dan lain sebagainya.

  1. Suasana yang terlalu ramai dan berisik

Karena rumah kost terdiri dari banyak kamar dan otomatis penghuninya juga banyak, suasana kost pastilah ramai dan berisik. Sehingga bagi mahasiswa yang belajar di kost akan terganggu.

  1. Penggunaan dapur dan kamar mandi terbatas

Kebanyakan rumah kost hanya memiliki satu kamar mandi yang harus digunakan secara bergantian oleh seluruh penghuni kost. Hal ini menjadikan penggunaan kamar mandi menjadi terbatas karena harus mengantri satu sama lain. Begitu pun juga dengan penggunaan dapur.

  1. Pembatasan waktu untuk menerima tamu

Pemilik kost biasanya memberikan peraturan mengenai batas waktu untuk menerima tamu. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya pergaulan bebas agar tidak terjadi hal-hal di luar kewajaran.

Itulah kelebihan dan kekurangan sewa rumah kost yang perlu Anda ketahui terutama bagi Anda yang ingin menyewa kost. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*