Inilah Penyebab Bisnis Rumah Kost Merugi atau Bangkrut

7

Meskipun termasuk bisnis yang stabil dan aman, namun tidak menutup kemungkinan bisnis rumah kost bisa mengalami kerugian atau bahkan bangkrut. Bisnis rumah kost akan tetap berjalan apabila masih ada universitas, sekolah, atau perkantoran yang mahasiswa atau pekerjanya berasal dari kota lain yang membutuhkan rumah kedua. Rumah kost menjadi pilihan utama para pendatang dari luar kota karena harganya lebih murah dibandingkan dengan menyewa rumah. Itulah mengapa permintaan akan rumah kost sangat tinggi dan menjadikan bisnis ini sangat menjanjikan.

Bisnis rumah kost bisa saja malah merugikan Anda jika Anda tidak pintar mengelolanya. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar bisnis rumah kost Anda tidak merugi. Anda perlu mengetahui aspek-aspek berikut ini agar bisnis Anda tetap lancar dan tidak mengalami kebangkrutan. Agar nantinya Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut untuk mengantisipasi bisnis Anda merugi. Berikut aspek-aspek yang menjadi penyebab bisnis rumah kost merugi.

  1. Manajemen Pengelolaan yang Tidak Tepat

Anda perlu memikirkan bagaimana cara penghuni akan memasak, mencuci, menyetrika, dan menjemur serta bagaimana peraturan rumah kost dibuat agar segala aktifitas di dalam rumah kost dapat berjalan dengan lancar sehingga penghuni kost menjadi betah.

  1. Tidak Melayani Penyewa Dengan Baik

Jika penyewa kost membutuhkan bantuan misalnya untuk perbaikan fasilitas kost yang rusak, maka pemilik kost harus melayani dengan baik. Hal tersebut penting agar penghuni kost tetap merasa nyaman dan senang menyewa kamar kost Anda.

  1. Listrik atau Air Sering Mati

Listrik dan air merupakan kebutuhan pokok para penghuni kost. Apabila listrik dan air sering mati, maka bisa saja penghuni kost mencari alternatif lain dengan mencari kost yang listrik dan airnya lebih lancar.

  1. Bangunan Tidak Didesain Dengan Bagus

Bangunan kost yang tidak bagus atau kurang nyaman juga menjadi penyebab penghuni kost menjadi berpaling mencari kost lain. Misalnya saja, tidak adanya area untuk parkir kendaraan.

  1. Lingkungan yang Tidak Bersih dan Tidak Aman

Jika lingkungan rumah kost Anda tidak bersih, penyewa bisa saja enggan untuk menempati rumah kost Anda. Begitu pun juga dengan lingkungan yang tidak aman dan sering terjadi pencurian menjadikan penghuni lebih memilih tempat kost lain.

Untuk mengantisipasi agar bisnis rumah kost Anda tidak merugi atau bangkrut, kami akan berikan juga tips untuk mengatasinya:

  1. Kelola keuangan yang masuk dengan baik. Jika perlu buatlah catatan atau laporan uang yang masuk dan keluar sehingga catatan keuangan akan jelas.

  2. Untuk menghadapi persaingan, Anda bisa membuka bisnis lain seperti warung makan atau laundry di rumah kost Anda. Lumayan Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan jika bisnis rumah kost Anda sedang menurun.

  3. Lakukan evaluasi pada titik apa bisnis Anda bisa merugi. Lakukan estimasi biaya yang sebanding dengan pendapatan nantinya. Anda juga bisa merencanakan untuk bekerja sama dengan pihak lain jika memungkinkan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Itulah penyebab bisnis rumah kost merugi atau bangkrut beserta solusinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*