Ingin Bisnis Rumah Kost Namun Minim Dana? Ini Dia Tips Membangun Rumah Kost Murah

Market.yukbisnisproperti.org (17)

Kendala utama saat ingin membangun rumah kost adalah harga tanah untuk lokasi bangunan rumah kost terus menerus mengalami kenaikan setiap tahunnya, hal ini menjadikan orang yang ingin memulai bisnis rumah kost menjadi enggan. Jika Anda sedang ingin memulai bisnis rumah kost, namun dana yang Anda miliki tidak terlalu banyak maka Anda perlu mencoba tips dari kami berikut ini.

Bisnis rumah kost memang merupakan bisnis jangka panjang yang menjanjikan karena dengan sekali modal Anda akan mendapatkan penghasilan tiap bulannya tanpa harus susah payah bekerja. Anda akan mendapatkan uang dari hasil sewa kamar kost setiap bulannya. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa modal/biaya untuk membangun rumah kost sangatlah besar. Tapi bagi Anda yang tidak punya dana besar, Anda tidak perlu berkecil hati. Beberapa tips berikut ini mungkin akan membantu Anda.

  1. Belilah tanah untuk lokasi rumah kost yang akan Anda bangun sekarang juga. Jangan menunggu nanti-nanti hingga harganya sudah naik. Belilah tanah di lokasi yang strategis, dekat dengan area kampus atau pusat bisnis. Lakukan survey agar Anda mendapatkan tanah dengan harga yang murah. Beberapa orang kemungkinan rela menjual tanahnya dengan harga murah karena kebutuhan dana.

  2. Buatlah desain rumah kost yang murah. Anda bisa membuat bangunan yang sederhana namun aman dan nyaman. Rumah kost harus didesain untuk kenyamanan dan keamanan penghuninya karena apabila penghuni kost tidak betah maka Anda sendiri yang akan rugi. Anda bisa memaksimalkan lahan tanah untuk kamar tanpa meninggalkan nilai keindahan seperti menambah taman, ruang tamu, dan ruang televisi.

  3. Pilihlah material dan bahan bangunan yang murah. Hal ini karena harga bahan bangunan juga bisa naik secara drastis. Oleh karena itu belilah material dan bahan bangunan pada saat harganya sedang turun, pada musim kemarau misalnya, harga bata akan lebih murah dibandingkan pada saat musim hujan karena sulit membuat bata pada musim ini.

  4. Jika Anda memang tidak mempunyai cukup dana untuk membeli tanah dan membangun rumah kost, Anda bisa membeli rumah kost yang sudah jadi. Biasanya ada rumah kost yang kondisinya sudah tidak bagus dan penjualnya menjual dengan harga murah, maka Anda bisa membelinya lalu merenovasinya. Biaya yang dikeluarkan tentu tidak akan terlalu banyak dibandingkan membangun rumah kost sendiri.

  5. Rencanakan sistem listrik rumah murah.

Sistem kelistrikan rumah akan menentukan biaya bulanan yang akan dikeluarkan untuk membayar biaya tagihan listrik. Tentukan jumlah lampu yang akan di pasang di rumah kost. Rumah kost tidak memerlukan terlalu banyak titik lampu. Lebih baik gunakan pulsa listrik agar bisa dikelola oleh penghuni kost dan pengisian atau pembayarannya juga lebih mudah.

Itulah beberapa tips membangun rumah kost murah. Yang paling penting siapkan dana Anda mulai dari sekarang, agar jika suatu saat Anda ingin berbisnis rumah kost Anda tidak keteteran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

 

Leave a Reply

Required fields are marked*