Hal-Hal yang Harus Diperhatikan oleh Pemilik Rumah Kost

13

Meskipun bisnis rumah kost terbilang bisnis yang santai karena pemilik kost hanya perlu sesekali memeriksa rumah kostnya, namun pemilik kost juga harus mementingkan perawatan untuk rumah kostnya. Jangan sampai rumah kost Anda mengalami kerusakan yang parah akibat Anda tidak sering memeriksanya. Hal tersebut malah merugikan Anda sendiri karena pastinya Anda akan memerlukan biaya untuk merenovasinya.

Begitu pun juga dengan fasilitas yang Anda berikan di rumah kost Anda, seperti listrik, air, AC, dan lain sebagainya. Penghuni kost seringkali seenaknya memanfaatkan fasilitas tersebut sehingga terjadi pemborosan. Jika penggunaan listrik dan air misalnya, tidak ditekankan untuk berhemat, maka besar kemungkinan biaya untuk tagihan listrik dan air yang harus Anda bayarkan menjadi sangat besar. Untuk itu, Anda sebagai pemilik kost harus dengan bijaksana membuat peraturan tentang penggunaan fasilitas kost.

Masalah lain yang sering terjadi pada rumah kost adalah terjadinya kebocoran atap. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda lah yang harus memperbaikinya. Begitu pun juga jika terjadi kerusakan pada kamar mandi, perlu dilakukannya cat ulang, dan lain sebagainya. Anda harus bertanggung jawab memperbaikinya demi kenyamanan penghuni kost.

Untuk memperbaiki segala kerusakan yang mungkin terjadi pada rumah kost Anda, tentu Anda harus mengeluarkan biaya yang mungkin tidak kecil. Maka dari itu, Anda harus selalu siap dana agar sewaktu-waktu Anda memerlukannya untuk keperluan perbaikan rumah kost, Anda tidak keteteran. Agar dana perbaikan rumah kost selalu tersedia, Anda bisa melakukan alokasi penghasilan dari uang sewa rumah kost setiap bulannya. Sebagai contoh, jika total penghasilan Anda dari hasil uang sewa kost setiap bulannya adalah 5 juta, ada baiknya jika Anda menyisihkan sebesar 5 atau 10% khusus untuk biaya perawatan dan perbaikan jika ada yang rusak. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang pribadi Anda untuk biaya perbaikan dan perawatan rumah kost.

Jika tidak ada fasilitas yang perlu diperbaiki, Anda bisa menggunakan alokasi dana tersebut untuk melakukan cet ulang pada rumah kost Anda agar tetap terlihat bagus sehingga semakin meningkatkan peminatnya. Atau Anda bisa menambahkan fasilitas lain yang sekiranya diperlukan oleh penghuni kost.

Selain masalah alokasi dana untuk perawatan, hal lain yang perlu diperhatikan oleh pemilik kost adalah kebutuhan para penghuni kost. Ada baiknya jika pemilik kost selalu memperhatikan penghuni kostnya agar hal tersebut bisa menjadi masukan bagi pemilik kost dalam meningkatkan kualitas rumah kostnya. Kritikan dan saran dari penghuni kost mungkin bisa juga membantu pemilik kost untuk memperbaiki kualitas rumah kostnya sehingga bisnis rumah kostnya akan tetap terus maju.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan oleh pemilik kost yang perlu diperhatikan demi kelancaran bisnis dan kenyamanan penghuni kost. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*