Cara Menentukan Harga Sewa Kost yang Tepat

19

Saat Anda memulai bisnis rumah kost, tahap yang paling sulit adalah menentukan harga sewa kost. Jika harga sewa terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan rumah kost Anda sepi peminat karena pasti mereka memilih kost yang lebih murah. Dan jika harga sewanya terlalu rendah, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan sedikit. Sehingga berpotensi untuk membuat bisnis rumah kost Anda mengalami kerugian bahkan kemungkinan bangkrut. Oleh sebab itu, menentukan harga sewa kost tidak bisa seenaknya saja, harus diperhitungkan secara matang.

Pada umumnya, harga sewa kost menyesuaikan dengan pasaran harga sewa kost yang ada di wilayah tersebut. Jika harga sewa rumah kost dapat dijangkau oleh target pasar, maka besar kemungkinan rumah kost Anda akan banyak peminatnya. Berbeda hal jika permintaan akan rumah kost di wilayah Anda tinggi namun jumlah rumah kost yang tersedia tidak banyak. Maka pada kondisi seperti ini Anda bisa menentukan harga sewa kost lebih tinggi dari harga sewa normal. Penentuan harga sewa kost yang tepat akan mendukung perkembangan bisnis rumah kost Anda. Harga sewa kost juga biasanya tergantung dengan fasilitas yang ditawarkan. Sebelum menentukan harga sewa kost, ada beberapa hal yang Anda perhatikan. Apa saja hal-hal tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Perhitungkan biaya-biaya

Terdapat dua jenis biaya dalam bisnis rumah kost, yaitu biaya jangka panjang dan biaya jangka pendek. Biaya jangka panjang meliputi biaya pembangunan rumah kost, biaya renovasi, biaya pembelian furnitur seperti tempat tidur, lemari, meja kursi dan peralatan elektronik seperti AC, televisi, kulkas dll. Sedangkan biaya jangka pendek meliputi biaya tagihan listrik dan air, gaji pembantu dan satpam, dan lain-lain. Anda bisa memperhitungkan biaya-biaya pengeluaran tersebut untuk menentukan berapa harga sewa yang tepat sehingga Anda mendapatkan keuntungan.

  1. Fasilitas yang ditawarkan

Fasilitas tentunya menentukan harga sewa kost. Semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan akan semakin mahal harga sewa kost. Dalam satu rumah kost, belum tentu fasilitas yang diberikan pada masing-masing kamar sama. Sehingga ini juga bisa menyebabkan harga sewa tiap kamar kost berbeda.

  1. Lokasi

Dalam bisnis properti, lokasi adalah yang paling penting. Begitu pun juga dengan bisnis rumah kost, lokasi yang strategis juga dapat menentukan harga sewa kost. Rumah kost yang letaknya dekat dengan jalan raya atau jaraknya tidak jauh dari kampus/kantor, pasti memiliki harga sewa yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah kost yang lokasinya jauh dari tempat-tempat strategis tersebut.

  1. Riset Pasar

Anda bisa melakukan riset harga pasaran rumah kost di wilayah Anda. Anda juga bisa membandingkan harga sewa dan fasilitas rumah kost di sekitar Anda. Jika di sekitar rumah kost Anda terdapat rumah kost yang fasilitasnya serupa dengan rumah kost Anda, jangan sampai Anda mematok harga yang lebih tinggi.

  1. Masa Sewa Kost

Tentukan apakah sistem sewa rumah kost Anda termasuk harian, bulanan, atau tahunan? Untuk menentukan hal tersebut, Anda harus menyesuaikan dengan pasar target Anda, jika rumah kost Anda dikhususkan untuk anak kuliah, maka disarankan untuk menggunakan sistem sewa bulanan atau tahunan. Karena mahasiswa akan terus menyewa kost selama masa kuliahnya belum selesai, maka biasanya mereka lebih suka menyewa kost dengan sistem bulanan atau bahkan tahunan karena semakin lama semakin murah.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Required fields are marked*