Cara Memilih Properti Agar Investasi Menguntungkan

yukbisnisproperti.org desin(3)

Banyaknya jenis properti seringkali membuat pemula bingung dalam memilih properti mana yang ingin diinvestasikan. Tidak hanya berkaitan dengan dana, pemilihan properti yang tepat juga menentukan keuntungan yang akan didapatkan.

Pemilihan properti harus berdasarkan karakter target pasar tempat Anda akan menginvestasikan properti tersebut. Misalnya jika di lokasi tersebut mayoritasnya adalah mahasiswa dan pekerja daripada keluarga, maka Anda harus memilih properti yang sesuai dengan permintaan di tempat tersebut. Jangan sampai ketidaktepatan dalam memilih properti justru membuat Anda mengalami kerugian. Oleh sebab itu, Anda harus memilih properti yang tepat agar investasi Anda menguntungkan. Berikut kami sebutkan properti yang menguntungkan untuk investasi.

  • Investasi Tanah

Investasi properti yang paling mudah adalah investasi tanah. Selain tidak memerlukan biaya perawatan seperti investasi bangunan, investasi tanah juga harga belinya terjangkau. Harga jualnya cepat naik, cukup dengan membeli dan menyimpannya, 5 sampai 10 tahun harganya jualnya akan naik secara drastis. Namun bila Anda membeli tanah bukan di lokasi yang strategis, maka penjualannya mungkin saja lebih sulit. Keuntungan yang akan Anda dapatkan dari investasi tanah adalah 0,5% – 2% per tahun.

  • Investasi Rumah atau Bangunan

Investasi bangunan seperti rumah sudah tentu bisa menguntungkan mengingat rumah tidak akan pernah sepi peminat karena kebutuhannya yang semakin meningkat. Terlebih jika Anda memilih lokasi yang strategis saat membangun rumah untuk disewakan. Namun tidak seperti investasi tanah, investasi rumah memerlukan biaya perawatan yang lebih besar. Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 3% – 5% tiap tahun. Anda juga bisa menjualnya dan akan tetap mendapatkan keuntungan dari hasil investasi jangka panjang.

  • Investasi Apartemen

Jika Anda tinggal di kota-kota besar, investasi apartemen sangat potensial untuk dijalankan. Karena apartemen biasanya disewakan tiap bulan atau tahun, Anda bisa mendapatkan keuntungan setiap bulan atau tahunnya. Seperti investasi rumah, investasi apartemen juga memerlukan modal dan biaya perawatan yang besar. Nilai investasi properti akan terus meningkat, namun juga bisa mengalami penurunan. Keuntungan yang akan Anda dapatkan lumayan besar, sekitar 7% – 12% per tahun.

  • Investasi Ruko

Investasi bangunan lainnya yang juga tidak kalah menguntungkan adalah investasi ruko, toko, atau kios. Investasi di bidang ruko/toko sangat bergantung pada lokasi. Semakin strategis lokasi yang Anda pilih, semakin banyak keuntungan Anda. Keuntungan untuk investasi ruko berkisar antara 6% – 9% per tahun, sedangkan keuntungan investasi toko/kios berkisar antara 5% – 10%.

  • Investasi Bangunan Lain

Selain yang disebutkan di atas, satu lagi investasi yang menguntungkan adalah kost atau penginapan. Investasi kost akan sangat menguntungkan jika Anda membangunnya di lokasi yang dekat dengan area kampus, perkantoran, ataupun pusat perbelanjaan. Jika Anda memilih untuk berinvestasi di bidang ini, hal utama yang harus Anda perhatikan adalah perawatan bangunan karena berkaitan dengan kenyamanan penyewa. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan berkisar antara 5% – 7% per tahun.

Pemilihan properti yang tepat menjadi faktor penting dalam memulai investasi. Jangan sampai Anda salah pilih dan malah merugikan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*