Berencana Ngekost? Simak Tips Dalam Mencari Rumah Kost Berikut Ini

9

Saat Anda berencana ingin merantau ke luar kota, pastinya hal pertama yang Anda butuhkan adalah tempat tinggal. Untuk Anda yang akan tinggal di luar kota untuk kuliah atau bekerja, menyewa sebuah rumah sebagai tempat tinggal pastilah akan memberatkan Anda. Salah satu hunian yang paling diminati oleh para pendatang adalah rumah kost. Karena selain lebih simple, harganya tentu juga lebih murah dibandingkan dengan harga sewa rumah kontrakan. Rumah kost biasanya disewakan tiap kamar dengan ukuran yang cukup ditempati satu atau dua orang.

Bagi Anda yang baru pertama kali akan ngekost, pastilah merasa kesulitan dalam mencari atau menentukan rumah kost yang baik. Ada baiknya Anda membuat listing kriteria rumah kost yang sesuai dengan yang Anda butuhkan. Jika Anda masih bingung, berikut akan kami berikan tips dalam mencari rumah kost.

  1. Melakukan Survey Harga

Langkah ini bisa Anda lakukan jika Anda memiliki budget yang pas-pasan untuk ngekost. Kost yang berharga ekonomis sudah pasti menjadi rebutan banyak orang. Hal yang harus Anda lakukan adalah berkeliling mencari kamar kost yang masih kosong, menanyakan harga dan membandingkan dengan fasilitasnya antara satu rumah kost dengan lainnya.

  1. Carilah Rumah Kost yang Tidak Terlalu Jauh dengan Tempat Aktivitas

Jika Anda kuliah, maka carilah rumah kost yang tidak terlalu jauh dengan kampus. Begitu juga dengan Anda yang bekerja, pastikan Anda mencari rumah kost yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat Anda bekerja. Dengan memilih rumah kost yang dekat dengan tempat aktivitas, Anda bisa berjalan kaki ke tempat tujuan dan terhindar dari macet sehingga lebih menghemat waktu.

  1. Pastikan Fasilitas Kost Memadai

Fasilitas yang paling penting dalam rumah kost diantaranya adalah kamar mandi serta air yang selalu mengalir, listrik, tempat tidur, lemari, meja belajar, serta parkiran yang memadai. Jadi pastikan hal-hal pokok yang Anda butuhkan saat ngekost tersedia dalam rumah kost tersebut.

  1. Carilah Kost yang Terletak di Lokasi Strategis

Pastikan jika Anda memilih rumah kost letaknya di lokasi yang strategis, yaitu dekat dengan jalan umum, warung makan, toko atau minimarket, apotek, dan lain sebagainya. Jangan sampai lokasi kost Anda jauh dari tempat-tempat tersebut karena jika lokasinya jauh otomatis Anda harus naik kendaraan umum dan tentunya Anda tidak bisa berhemat.

  1. Keamanan dan Kenyamanan

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, hal penting lain dalam rumah kost adalah keamanan dan kenyamanan. Kedua hal tersebut bisa dibilang adalah prioritas yang harus didapatkan oleh penghuni kost. Anda bisa menggali informasi dan mencari tahu apakah rumah kost yang ingin Anda tempati dulunya pernah terjadi kasus pencurian, pembunuhan, dan lain-lain. Selain itu, pastikan juga jika lingkungan di sekitar tempat kost aman.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda simak sebelum memutuskan untuk ngekost. Jangan sampai Anda tidak betah atau bahkan menyesal menempati rumah kost yang Anda pilih. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*