Beberapa Tips dan Trik dalam Berbisnis Rumah Kost

18

Sebagai bisnis yang paling stabil dan menjanjikan terutama di kota besar, bisnis rumah kost menjadi bisnis yang termasuk paling diminati oleh para investor. Banyaknya jumlah pelancong dari luar kota menjadikan permintaan akan rumah kost semakin tinggi. Harga sewa rumah yang tinggi menjadikan rumah kost sebagai pilihan para pendatang karena harganya yang terjangkau. Disinilah peluang bisnis rumah kost dimulai. Sehingga bagi orang yang bertempat tinggal di sekitar instansi pendidikan dan pusat bisnis banyak yang memanfaatkan keadaan ini sebagai peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan.

Untuk memulai bisnis rumah kost, selain modal tentunya, terdapat beberapa aspek yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan. Aspek-aspek berikut perlu Anda ketahui agar bisnis rumah kost Anda lancar dan menguntungkan nantinya. Berikut kami berikan beberapa tips dan trik dalam berbisnis rumah kost.

  1. Lokasi

Penentuan lokasi merupakan langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis rumah kost. Pastikan jika lokasi untuk rumah kost Anda nantinya sesuai dengan segmen target pasar yang Anda inginkan. Jika Anda menargetkan rumah kost untuk mahasiswa, maka bangunlah rumah kost yang tidak jauh dari areal kampus. Dan jika Anda menargetkan rumah kost untuk karyawan, bangunlah rumah kost yang tidak jauh dari pusat bisnis, seperti di dekat area pabrik dan perkantoran.

  1. Perhatikan Jaminan Keamanan, Kenyamanan, serta Kebersihan

Jika di lokasi yang Anda pilih untuk mendirikan rumah kost sudah banyak dibangun rumah kost, maka Anda bisa mensiasati persaingan ini dengan memberikan jaminan keamanan, kenyamanan, serta kebersihan. Ketiga jaminan fasilitas ini dapat memberikan nilai tambah bagi rumah kost Anda sehingga rumah kost Anda bisa lebih diminati.

  1. Harga

Menentukan harga sewa kost juga terbilang cukup sulit. Namun Anda bisa menentukan standar sewa rumah kost Anda dengan fasilitas yang diberikan, serta jarak rumah kost dengan kampus atau kantor. Rumah kost dengan fasilitas yang lengkap atau jarak yang dekat dengan kantor/kampus, tentunya harga sewanya juga lebih mahal.

  1. Memberikan Layanan/Fasilitas Tambahan

Dengan memberikan layanan atau fasilitas tambahan, bisa menjadi nilai tambah bagi rumah kost Anda. Salah satu fasilitas tambahan yang bisa Anda berikan adalah akses wifi gratis 24 jam. Fasilitas ini biasanya sangat disukai oleh mahasiswa karena kebutuhan untuk mengakses internet untuk mengerjakan tugas kuliah. Selain itu, layanan tambahan seperti laundy juga bisa diberikan untuk rumah kost bagi karyawan. Karena biasanya karyawan banyak yang malas untuk mencuci baju setelah pulang kerja karena kelelahan.

  1. Menambah Fasilitas Rumah Kost

Anda juga bisa menambahkan fasilitas dalam rumah kost seperti memberikan AC dan kamar mandi dalam. Tentunya rumah kost dengan fasilitas seperti ini harganya juga akan lebih mahal. Namun bagi karyawan yang tidak mau antri kamar mandi sebelum bekerja karena takut terlambat, fasilitas seperti ini akan sangat diminati.

Demikianlah tips dan trik dalam berbisnis rumah kost yang bisa kami berikan. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda sebelum menggeluti bisnis ini.

Leave a Reply

Required fields are marked*