Trik Membeli Rumah Dengan KPR Tanpa Harus Mengeluarkan DP

11

Membeli rumah dengan sistem KPR memang memberikan beberapa kemudahan. Selain tidak perlu repot-repot menyiapkan uang dalam jumlah banyak untuk membayar tunai, Anda bisa membeli rumah dengan cara kredit atau mengangsur. Sistem KPR memberikan solusi bagi yang ingin membeli rumah namun belum memiliki cukup uang untuk membeli secara kontan. Dengan sistem KPR ini, Anda hanya perlu membayar angsuran atau cicilan sebesar beberapa persen saja dari gaji Anda, yang tentu jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan membayar secara tunai.

Salah satu prosedur dalam membeli rumah dengan KPR adalah adanya DP (uang muka). DP atau uang muka biasanya harus dibayarkan sebelum proses pengajuan kredit KPR ini ke bank. Ada developer yang mengharuskan membayar uang muka di luar tanda jadi, tergantung dengan kesepakatan atau aturan yang ditentukan. Uang muka yang tidak sedikit, biasanya membuat beberapa orang merasa keberatan untuk mencicil rumah. Terlebih jika belum memiliki uang untuk membayar DP. Nah, bagi yang Anda tidak ingin mengeluarkan DP (uang muka) untuk kredit KPR, berikut ada beberapa trik yang bisa dipraktekkan:

  1. Aktif Mencari Developer yang Sedang Promo

Trik pertama yang bisa dipraktekkan adalah Anda harus aktif mencari developer atau pengembang yang sedang memberikan promo cicilan rumah tanpa DP (uang muka). Biasanya promo yang diberikan oleh developer ini adalah untuk rumah atau hunian yang belum dibangun. Anda harus ekstra sabar menunggu hingga rumah selesai dibangun. Jika Anda tidak terlalu terburu-buru, Anda bisa mencicil rumah sambil jadi ini. Selain harganya akan jauh lebih murah, hitung-hitung Anda melakukan investasi dalam keadaan ini.

  1. Memanfaatkan Persaingan Harga

Banyaknya developer yang bergerak dalam bidang properti, membuat developer harus pintar-pintar dalam menghadapi persaingan yang ketat. Hal ini biasanya banyak terjadi di kota besar atau pinggiran kota dimana selalu terdapat persaingan harga antara developer satu dengan lainnya untuk menarik minat pembeli. Salah satu strategi developer agar produknya lebih diminati adalah dengan menghapuskan DP (uang muka). Dari situ, Anda bisa memanfaatkan keuntungan tersebut untuk membeli rumah dengan KPR. Namun ada hal yang harus diperhatikan yaitu Anda harus jeli dalam melihat profil developer tersebut, pastikan Anda membeli rumah pada developer yang tepat.

  1. Menggunakan Jasa Notaris

Trik terakhir yang bisa digunakan agar bisa membeli rumah dengan KPR tanpa DP (uang muka) adalah dengan menggunakan notaris. Dengan cara ini, Anda tidak membeli rumah dari developer namun harus mampu meyakinkan penjual rumah bahwa Anda serius untuk membayar rumah dalam jangka waktu yang singkat. Agar lebih meyakinkan, Anda bisa menggunakan jasa notaris untuk melakukan perjanjian cicilan rumah tanpa uang muka. Dalam perjanjian tersebut Anda bisa mengatakan bahwa selama cicilan belum lunas, sertifikat rumah masih atas nama penjual dan sertifikat tersebut disimpan oleh notaris. Namun sebagai gantinya, Anda harus mengeluarkan uang untuk biaya notaris ini.

Beberapa trik tersebut di atas tentunya juga memiliki kekurangan masing-masing. Namun yang terpenting adalah pembelian rumah dengan KPR juga bisa dilakukan tanpa menggunakan DP (uang muka), jadi Anda bisa membeli rumah dengan cara kredit tanpa harus memikirkan uang mukanya.

Leave a Reply

Required fields are marked*