Mengajukan KPR Dengan 6 Langkah Mudah

Market.yukbisnisproperti.org (17)

Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) menjadi alternatif yang mudah bagi yang ingin memiliki rumah. Dengan KPR, Anda tidak perlu mengumpulkan banyak uang untuk dapat membeli sebuah rumah. KPR sendiri adalah sebuah sistem kredit pembelian rumah yang ditawarkan oleh bank dengan cara mencicil dalam jangka waktu tertentu. Jumlah cicilan yang dibayarkan tiap bulan pun tidak sebesar dana yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah secara kontan. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin mengajukan KPR.

Untuk dapat mengajukan KPR ke bank, memang terdapat beberapa prosedur yang harus Anda jalani. Prosedur-prosedur tersebut harus Anda lakukan dengan benar, agar Anda dapat dengan tepat memiliki rumah yang Anda idam-idamkan. Jika Anda belum memahami proses pengajuan KPR, berikut kami jelaskan langkah-langkah pengajuan KPR:

  1. Memilih Rumah

Sebelum Anda mengajukan permohonan KPR ke bank, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih rumah yang akan Anda beli. Terdapat beberapa hal yang dipertimbangkan sebelum membeli rumah, yaitu Anda harus memastikan terlebih dahulu lokasi rumah yang akan Anda beli, apakah termasuk daerah yang rawan banjir atau tidak. Anda juga harus memastikan akses jalan ke lokasi tersebut. Disarankan untuk memilih rumah yang jaraknya dekat dengan tempat Anda bekerja. Serta pastikan juga bahwa rumah yang akan Anda beli tersebut dekat dengan fasilitas umum sekolah, tempat belanja, tempat ibadah, dan lain-lain.

  1. Memilih Bank

Selain memilih rumah, memilih bank yang tepat juga penting untuk dipertimbangkan. Jangan sampai Anda hanya tergiur oleh bunga rendah dan persyaratan mudah yang ditawarkan oleh bank tersebut. Penting untuk mencari tahu mengenai perhitungan suku bunga, lama masa pinjaman, serta kemudahan atau fitur tambahan lain yang diberikan oleh bank. Biasanya orang akan mengajukan KPR di bank dimana si pemohon menjadi nasabah di bank tersebut.

  1. Memilih Developer

Beberapa developer melakukan kerja sama dengan bank. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam memilih developer. Sebaiknya pilih developer yang memiliki reputasi yang baik dan track record yang bagus. Serta pastikan juga developer yang Anda pilih memiliki semua perijinan yang dibutuhkan untuk membangun proyek.

  1. Mengisi Formulir Pemesanan

Setelah Anda menentukan bank dan developer yang akan Anda gunakan serta memilih lokasi rumah yang akan dibeli. Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir pemesanan. Di dalam formulir pemesanan akan tertulis jadwal pembayaran booking (tanda jadi) dan pelunasan uang muka yang akan disetujui oleh kedua belah pihak.

  1. Melakukan Pembayaran

Setelah mengisi formulir pemesanan, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran tanda jadi (booking fee). Besarnya biaya booking fee tergantung dari kebijakan developer. Apabila Anda membeli rumah dari pasar sekunder, maka besarnya booking fee tergantung pada permintaan penjual.

  1. Melakukan Pelunasan Uang Muka

Setelah melakukan pembayaran booking fee, selanjutnya Anda biasanya akan diminta untuk membayar uang muka. Jika Anda membeli properti dari pasar sekunder, maka biasanya Anda akan diminta untuk membayar uang muka terlebih dahulu. Besarnya uang muka berkisar antara 20%-50% tergantung dari kebijakan masing-masing bank. Agar lebih aman, Anda bisa membayar uang muka setelah akad jual beli disetujui oleh pihak bank.

Itulah beberapa langkah dalam mengajukan KPR. Pastikan bahwa Anda melakukan prosedur tersebut di atas dengan benar dan berurutan.

Leave a Reply

Required fields are marked*