Keuntungan Menggunakan Jasa Broker Properti Saat Jual Beli Rumah

15

Broker properti adalah sebutan bagi orang yang menjadi perantara atau makelar antara penjual dan pembeli rumah. Broker biasanya mempunyai agensi properti sendiri. Tugas broker adalah mempertemukan penjual dan pembeli rumah hingga terjadi kesepakatan harga yang telah disetujui oleh kedua belah pihak.

Tidak sedikit orang lebih suka menggunakan jasa broker untuk menjualkan rumah atau mencarikan rumah daripada mencari sendiri. Dengan menggunakan jasa broker, penjual rumah atau calon pembeli rumah akan sangat lebih terbantu, terutama bagi yang baru pertama kali menjual atau mencari rumah. Meskipun dengan menggunakan jasa broker artinya Anda harus menyiapkan dana lebih untuk komisi mereka, namun menggunakan jasa broker ternyata juga memiliki beberapa keuntungan. Apa saja keuntungan atau kelebihan tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Penjual atau pembeli rumah akan mendapatkan layanan yang akurat dan pasti.

    Bagi sebagian orang yang ingin menjual rumah terkadang merasa kesulitan menentukan harga jual karena tidak mengetahui harga pasarannya. Maka dari itu, mereka membutuhkan jasa broker karena broker pasti memiliki jaringan yang luas dan informasi harga pasaran rumah di lokasi-lokasi tertentu. Bagi pembeli rumah juga akan lebih mudah dalam mencari rumah karena broker memiliki informasi rumah sesuai kriteria yang diinginkan.

  1. Menggunakan jasa broker properti juga akan lebih efisien karena menghemat waktu dan tenaga, sebab masalah administrasi akan diurus oleh mereka. Seluruh proses administrasi yang berkaitan dengan jual beli properti akan dilakukan oleh broker, sehingga bagi Anda yang kurang paham mengenai administrasi properti akan sangat terbantu dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Selain itu, legalitas dokumen-dokumen yang terkait juga akan lebih terjamin.

  2. Dengan menggunakan jasa broker, proses transaksi jual beli akan lebih cepat. Broker memiliki jaringan yang luas serta data-data penjual dan pembeli rumah. Sehingga apabila ada yang ingin membeli rumah melalui jasa broker, broker hanya perlu mencocokkan data rumah yang dijual sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh calon pembeli rumah.

Meskipun begitu, menggunakan jasa broker properti juga memiliki kekurangan. Yang paling utama pastinya adalah kita harus mengeluarkan biaya untuk fee/komisi mereka. Namun dibandingkan dengan keuntungannya, kekurangan menggunakan jasa broker properti tidak seberapa. Terlebih saat ini sudah ada ketentuan bahwa komisi untuk broker properti hanyalah 2-3% dari harga jual properti, tentu bukan biaya yang banyak bukan?

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa broker dalam menjual atau membeli rumah, kami akan memberikan sedikit tips memilih broker properti:

  1. Pilihlah broker properti yang mempunyai kantor atau tempat kerja representatif. Meskipun tidak semua broker properti memiliki kantor sebagai tempat kerja namun alangkah baiknya jika Anda memilih broker properti jenis ini karena pasti mereka sudah mendapatkan lisensi sebagai broker properti.

  2. Lihatlah reputasi broker properti yang ingin Anda pilih. Pastikan Anda memilih broker properti yang mempunyai reputasi yang bagusa, mempunyai jaringan yang luas serta tenaga pemasar yang dimilikinya sudah terkenal handal.

  3. Tidak ada salahnya jika Anda meminta referensi kepada broker properti sebelum menggunakan jasa mereka. Anda bisa meminta kontak klien-klien yang pernah menggunakan jasa mereka sebelumnya dan menanyakan hal-hal penting mengenai broker tersebut. Dengan begitu, Anda akan tahu bagaimana kinerja dari broker properti tersebut.

Dengan berbagai keuntungan yang diberikan oleh broker properti, Anda disarankan untuk menggunakan jasa mereka dan lebih jeli dalam memilih broker properti yang tepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*